Culture Shock dalam adaptasi mahasiswa dari Luar Pulau Jawa: Penelitian Mahasiswa Sosiologi FISIP UIN Bandung angkatan 2020-2021

Mulia, Fadillah (2023) Culture Shock dalam adaptasi mahasiswa dari Luar Pulau Jawa: Penelitian Mahasiswa Sosiologi FISIP UIN Bandung angkatan 2020-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya culture shock yang terjadi pada mahasiswa-mahasiswi pendatang dari luar Pulau Jawa, dimana para mahasiswa pendatang ini ketika merantau ke daerah perantauan khususnya di lingkungan kampus yang berada di Bandung, mereka merasakan banyaknya perbedaan-perbedaan yang terjadi, tidak seperti daerah asal mereka. Mulai dari perbedaan budaya, Bahasa serta makanan maupun cuaca baru yang membuat para mahasiswa ini merasakan culture shock dalam menghadapi hal-hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola adaptasi yang terjadi pada mahasiswa pendatang di fakultas sosiologi Angkatan 2020-2021, serta faktor yang memicu terjadinya culture shock mulai dari faktor interaksi sosial yang terjadi hingga faktor eksternal maupun internal pada mahasiswa pendatang yang berasal dari luar pulau jawa di fakultas sosiologi Uin Bandung Angkatan 2020-2021. Selain itu juga peneletian ini mengetahui implikasi yang terjadi pada para mahasiswa pendatang dari luar pulau Jawa di lingkungan Fisip Uin Bandung. Penelitian ini menggunakan teori culture shock yang dikemukakan oleh Oberg yang menyatakan bahwa culture shock merupakan sebuah penyakit yang diderita karena hidup di luar lingkungan budayanya, dan dalam proses untuk menyesuaikan diri di lingkungan barunya. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapatkan berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi lapangan, wawancara, dan kepustakaan. Sedangkan, teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di Fisip Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mahasiswa Sosiologi UIN Bandung angkatan 2020-2021 yang datang dari luar Pulau Jawa menghadapi tantangan dari berbagai faktor dalam beradaptasi yang mencakup culture shock. Mereka menghadapi perbedaan bahasa, norma sosial, dan budaya setempat. Dalam usaha adaptasi, mahasiswa menggunakan strategi seperti memahami bahasa lokal, mempelajari budaya setempat, dan mencari dukungan sosial. Dukungan dosen dan lingkungan kampus juga berperan penting dalam membantu mereka mengatasi hambatan-hambatan adaptasi. Keseluruhannya, mahasiswa pendatang menciptakan hubungan positif dengan masyarakat setempat dan mencapai adaptasi yang lebih baik dalam lingkungan baru mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi; Culture Shock; Mahasiswa Pendatang
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Natural History of Organism > Adaptation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fadillah Mulia
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:47
Last Modified: 22 Feb 2024 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85048

Actions (login required)

View Item View Item