Keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa di kampus : Studi kasus kader perempuan organisasi ekstra FISIP di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sania, Ranti Na’imas (2023) Keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa di kampus : Studi kasus kader perempuan organisasi ekstra FISIP di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mencapai tugas dan fungsinya Mahasiswa sebagai agent of change dan agent social of control, Aktivitas mahasiwa tentunya tidak hanya terbatas pada pembelajaran didalam kelas. Keaktivan mahasiswa juga harus dilakukan guna mengasah setiap potensi yang ada dalam dirinya. Salahsatunya yakni dengan ikut serta dalam politik kampus sebagai ajang pembelajaran politik. Setiap mahasiswa tentunya memiliki kebebasan untuk berpartisipasi dalma politik kampus tanpa harus dibatasi oleh jenis kelamin. Namun pada faktanya partisipasi perempuan dalam kegiatan politik kampus di Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN sunan Gunung Djati Bandung masih minim dan didominasi oleh laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Mengetahui keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa di FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori parisipasi politik Huntington yang membagi partisipasi politik menjadi 2 macam yakni Partisipasi Otonom dan Partisipasi Mobilisasi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian yang sedang terjadi, dalam penelitin ini yakni keterlibatan perempuan dalam politik kampus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa FISIP di UIN sunan Gunung Djati Bandung sebenarnya ikut terlibat, namun secara kuantitas masih sedikit dan kebanyakan perempuan hanya dilibatkan diwilayah penyelenggaraan teknis politik kampus, sedangkan dalam posisi strategis masih minim. Sedangkan faktor yang mendorong keterlibatan perempuan organisasi ekstra dalam politik mahasiswa disebbakan karna adanya kesadaran politik bahwa hak perempuan dan laki-laki diwilayah politik adalah sama, serta perempuan ekstra ingin ikut terlibat dalam pengambilan kebijakan agar setiap kebijakan yang diambil diorganisasi intra selalu memperhatikan hak-hak perempuan. Adapun faktor yang melatarbelakangi kurangnya keterlibatan perempuan adalah faktor gaya kepemimpinan yang maskulin, emosional dan fisik perempuan yang tidak sekuat laki-laki, kesenjangan pengetahuan politik dan faktor intervensi bargening politik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perempuan; Politik Kampus; Organisasi Ekstra Kampus
Subjects: Political dan Government Science > Organization and Management of Political Science
Political dan Government Science > Political Situation and Condition
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Ranti Na’imas Sania
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:25
Last Modified: 23 Feb 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85058

Actions (login required)

View Item View Item