Sintesis Nanopartikel Seng Oksida menggunakan Ekstrak Daun Pacar Cina (Aglaia Odorata L) sebagai Fotokatalis untuk mendegradasi Metilen Biru

Ristiani, Eris (2024) Sintesis Nanopartikel Seng Oksida menggunakan Ekstrak Daun Pacar Cina (Aglaia Odorata L) sebagai Fotokatalis untuk mendegradasi Metilen Biru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Fotokatalis merupakan salah satu metode untuk menangani limbah zat warna sisa industri tekstil yang dapat mencemari lingkungan. Nanopartikel oksida logam dapat meningkatkan proses fotokatalis secara signifikan. Proses sintesis nanopartikel oksida logam dapat dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak tanaman sebagai cara sintesis green chemistry atau yang lebih dikenal dengan istilah biosintesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas nanopartikel ZnO yang disintesis menggunakan ekstrak daun pacar cina (Aglaia odorata L) dalam mendegradasi zat warna metilen biru. Nanopartikel ZnO disintesis dari prekursor Zn(CH3COO)2.2H2O menggunakan ekstrak daun pacar cina sebagai bioreduktor, capping agent, dan penstabil. Ekstraksi daun pacar cina dilakukan menggunakan pelarut etanol yang dibantu oleh gelombang ultrasonik. Berdasarkan uji fitokimia, ekstrak etanol daun pacar cina mengandung flavonoid, tanin dan terpenoid. Hasil XRD menunjukkan bahwa sampel ZnO memiliki fase wurtzite dengan bentuk heksagonal. Ukuran partikel rata-rata sampel ZnO yaitu sebesar 24,51 nm berdasarkan perhitungan Debye Scherrer dan kristalinitas sebesar 65,57%. Hasil SEM menunjukkan bahwa sampel ZnO memiliki morfologi berupa nanosphere dengan ukuran partikel 19,10 ± 6,885 nm. Sampel ZnO diaplikasikan sebagai bahan fotokatalis untuk mendegradasi zat warna metilen biru. Kondisi optimum fotokatalisis dalam mendegradasi larutan metilen biru 5 ppm yaitu dengan massa ZnO 0,1 gram dengan penyinaran sinar tampak selama 180 menit. Pada kondisi ini dihasilkan degradasi sebesar 92,69%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: biosintesis; aglaia odorata L; nanopartikel ZnO; fotokatalis; metilen biru.
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Eris Ristiani
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:14
Last Modified: 28 Feb 2024 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85071

Actions (login required)

View Item View Item