Lesmana, Surya (2023) Kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Pasir Jati Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menopang dalam jalanya pembangunan kesehatan serta memiliki fungsi memajukan pembangunan Kesehatan dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Pasir Jati menyebabkan pelayanan menjadi kurang berkualitas, keluhan tersebut seperti kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, kurang ramahnya pegawai dalam melayani pasien, rendahnya profesionalisme yang ditujukan dari kurang tanggapnya pegawai Puskesmas Pasir Jati. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pasir Jati. Peneliti menggunakan teori Tjiptono yang memiliki 5 dimensi yaitu bukti langsung (tangibles), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di uptd puskesmas pasir jati Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung sudah dilaksanakan dengan baik, tetapi belum maksimal karena masih kurangnya sarana prasarana, sumber daya manusia, dan kurang ramahnya sebagian pegawai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas; Pelayanan; Pelayanan Publik; Pusat Kesehatan Masyarakat; |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services > Health Centers General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Lesmana Surya |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:48 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 05:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85126 |
Actions (login required)
View Item |