Analisis program Zero Waste Kids komunitas saung baca desa Sukamulya kabupaten Cianjur terhadap literasi lingkungan anak-anak

Sahrul, Ade (2024) Analisis program Zero Waste Kids komunitas saung baca desa Sukamulya kabupaten Cianjur terhadap literasi lingkungan anak-anak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu penting mengenai literasi lingkungan di kalangan anak Generasi Alfa, yang dihadapkan pada tantangan pesatnya perkembangan teknologi dan kompleksitas permasalahan lingkungan. Fokus penelitian terletak pada Program Zero Waste Kids yang diimplementasikan oleh Komunitas Saung Baca Desa Sukamulya, Kabupaten Cianjur, sebagai inisiatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelasanaan Program Zero Waste Kids pada Komunitas Saung Baca dalam meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup pada anak Generasi Alfa. Mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan lingkungan anak sebelum dan sesudah mengikuti program Zero Waste Kids dan mengetahui hasil dari pelaksanaan program Zero Waste Kids komunitas Saung Baca Desa Sukamulya Kabupaten Cianjur terhadap peningkatan literasi lingkungan anak. Landasan pemikiran penelitian mengadopsi Teori Literasi Lingkungan menurut Kusumaningrum (2018), yang menekankan kesadaran individu dalam menjaga keseimbangan lingkungan sebagai aspek utama literasi lingkungan. Literasi lingkungan merupakan sikap sadar untuk memperhatikan dan melestarikan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, dimaksudkan untuk merinci, menjelaskan, dan memberikan gambaran lebih rinci terkait objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian meliputi pengelola komunitas Saung Baca dan orang tua anak. Keabhasan data ditentukan menggunakan teknik triangulasi dan diperjelas dengan teknik content analysis untuk menganalisis data temuan hasil penelitian. Penelitian ini berkaitan dengan Pengembangan Masyarakat yang berorientasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Lingkungan (SDL) Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program komunitas saung baca dilakukan dengan mengusung konsep bermain sambil belajar dan terlihat ada perbedaan kemajuan siginifikan pengetahuan anak mengenai literasi lingkungan setelah mengikuti program, hasilnya anak-anak dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian Komunitas Saung Baca memiliki peran vital dalam meningkatkan literasi lingkungan anak. Anak-anak yang terlibat dalam Program Zero Waste Kids menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap pentingnya menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Lingkungan; Zero Waste; Komunitas Saung Baca;
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sahrul Ade
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:47
Last Modified: 26 Feb 2024 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85143

Actions (login required)

View Item View Item