Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang

Septiani, Adisti (2024) Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_Cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3_Daftar Isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Status sosial masyarakat Desa Cibogo didominasi oleh masyarakat menengah ke bawah. Sebagai desa dengan perekonomian mayoritas miskin dan rentan, ada 324 keluarga yang mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Saat ini kesejahteraan menjadi salah satu tujuan penting pembangunan berkelanjutan, maka PKH hadir sebagai upaya pemerintah dalam membangun sistem perlindungan sosial dengan memutus rantai kemiskinan di Indonesia, khususnya di Desa Cibogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh PKH di Desa Cibogo dalam meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, termasuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pengentasan kemiskinan tersebut. Penelitian ini berlandaskan pada teori Dunham, bahwa kesejahteraan adalah kegiatan terorganisir yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menyalurkan bantuan sosial demi terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat di berbagai bidang. Keberhasilan kesejahteraan diukur menggunakan teori Midgley, bahwa ada tiga dimensi utama yang menggambarkan kesejahteraan: manajemen masalah sosial, pemenuhan kebutuhan sosial, dan adanya kesempatan sosial untuk berkembang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, informan dalam penelitian ini yaitu Pendamping PKH Desa Cibogo dan penerima PKH. Keabsahan data ditentukan oleh teknik triangulasi dengan melalui proses tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Penelitian ini berkaitan dengan Pengembangan Masyarakat yang berorientasi pada Sumber Daya Ekonomi (SDE) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH melakukan upaya pengentasan kemiskinan melalui dua anak program, yaitu penyaluran bantuan dana dan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Pelaksanaannya terstruktur berpacu pada mekanisme dan jadwal pelaksanaan. Anak program ini menghasilkan perubahan keadaan KPM yang lebih baik walaupun belum signifikan dan tidak semua KPM mengalami perubahan, disebabkan karena perbedaan perilaku konsumsi pada setiap individu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengentasan kemiskinan oleh PKH untuk mencapai kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Desa Cibogo relatif berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial; Ekonomi; PKH
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adisti Septiani
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:43
Last Modified: 26 Feb 2024 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85147

Actions (login required)

View Item View Item