Rancang bangun Transmitter Coil 13,56 MHz dengan Teknik Miniaturisasi Planar Inverted F Structure dan Defected Ground Structure (DGS)

Fadilah, Hafidz (2024) Rancang bangun Transmitter Coil 13,56 MHz dengan Teknik Miniaturisasi Planar Inverted F Structure dan Defected Ground Structure (DGS). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transmitter coil merupakan salah satu komponen penyusun sistem Wireless Power Transfer (WPT) yang memiliki peran sebagai pemancar dan penerima gelombang elektromagnetik. Salah satu penerapan aplikasi WPT ialah untuk pengisian baterai nirkabel/wireless charging. Kanal frekuensi yang dapat digunakan dan telah diatur oleh badan internasional ITU-T untuk penerapan pada sistem wireless charging ialah kanal Industrial, Scientific and Medical (ISM) yaitu pada 13,56 MHz. Pada frekuensi tersebut, desain yang transmitter coil yang dihasilkan masih belum cukup ringkas untuk diaplikasikan kedalam sistem wireless charging. Terdapat sebuah penelitian dimana sebuah transmitter coil dengan teknik miniaturisasi dan penambahan planar inverted F structure masih memiliki dimensi ukuran yang belum cukup ringkas. Teknik miniaturisasi membuat patch dari transmitter coil menjadi spiral dan planar inverted F structure merupakan salah metode yang dapat digunakan untuk mengurangi ukuran transmitter coil. Dirasa hasil penerapan metode tersebut masih kurang untuk mereduksi dimensi transmitter coil, pada penelitian ini akan dilakukan penambahan metode agar didapat hasil desain transmitter coil yang lebih ringkas yaitu dengan penambahan Defected Ground Structure (DGS). DGS merupakan pencacatan pada bidang ground dengan pola terstruktur yang memberi pengaruh gangguan terhadap distribusi arus dan merubah impedansi dari transmitter coil. Desain transmitter coil planar inverted F structure dengan penambahan DGS ini menggunakan bahan substrate FR-4 dengan konstanta dielektrik 4,4 dan ketebalan 1,6. Teknik pencatuan yang digunakan ialah coaxial feed. Hasil penerapan DGS berpengaruh terhadap pengurangan dimensi transmitter coil. Desain sebelum penerapan DGS memiliki ukuran panjang penampang patch sebesar 8.160 mm bekerja pada frekuensi 13,56 Mhz dengan nilai return loss sebesar -37,71 dB. Setelah diterapkan DGS panjang patch berkurang menjadi 7.732 mm dengan nilai return loss sebesar -38,94 dB pada frekuensi yang sama yaitu 13,56 MHz. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penambahan DGS pada transmitter coil planar inverted F structure ini dapat membantu mereduksi ukuran dimensi transmitter coil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transmitter Coil; Wireless Power Transfer (WPT); Wireless Charging; 13.56 MHz; Teknik Miniaturisasi; DGS;
Subjects: Electricity
Electricity > Radiowave and Microwave Electronics
Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Hafidz Fadilah
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:58
Last Modified: 29 Feb 2024 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85165

Actions (login required)

View Item View Item