Pemahaman dan pelaksanaan Hukum Islam tentang prinsip - prinsip keadilan dalam praktik Poligini tidak tercatat di Kabupaten Karawang

Waluyo, Kasja Eki (2023) Pemahaman dan pelaksanaan Hukum Islam tentang prinsip - prinsip keadilan dalam praktik Poligini tidak tercatat di Kabupaten Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IIII)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan poligini sudah diatur oleh Negara sedemikian rupa yang bertujuan untuk kemaslahatan dan tidak ada pihak yang dirugikan sebagaimana yang terdapat dalam Undang-Undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974. Di antara syarat untuk bisa melakukan pernikahan poligini adalah mendapatkan izin dari pengadilan, Tetapi dalam praktik di lapangan pernikahan poligini ada yang tidak sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Di Kabupaten Karawang ada yang melakukan pernikahan poligini tanpa izin dari pengadilan dan pernikahan poligininya tidak tercatat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis 1). Pemahaman suami istri yang berpoligini tentang Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tetang perkawinan jo Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. 2). Pelaksanaan rumah tangga suami istri yang berpoligini. 3). Tinjauan hukum Islam terhadap praktik poligini tidak tercatat yang dilaksanakan di Kabupaten Karawang. 3). Kontribusi hasil penelitian tentang pernikahan poligini tidak tercatat terhadap perkembangan hukum nasional. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah Grand Theory pemahaman dan pelaksanaan hukum Islam, Middle Theory keadilan dalam poligami, Applied Theory administrasi perkawinan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriftif analisis, Sumber data primer dalam penelitian ini adalah suami yang melakukan poligini tidak tercatat di Kabupaten Karawang, Undang-Undang No. 1 tahun 1974 tetang perkawinan. Untuk sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan artikel-artikel yang bersangkutan dengan poligini, anak, istri dan yang menikahkan dalam pernikahan poligini tidak tercatat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Pemahaman suami istri yang melakukan poligini di Karawang Terhadap Undang - Undang No. 1 Tahun 1974 tetang perkawinan berbeda – beda, ada yang kurang memahami dan sama sekali tidak memahami. Pelaku poligini tidak tercatat yang mendapat izin dari istri pertama dan tidak mendapat izin dari pengadilan sudah bisa adil, adil dalam segi memberi nafkah lahir dan batin. Kemudian bagi pelaku poligini tidak tercatat yang tanpa sepengetahuan istri pertama belum bisa berlaku adil karena harus memberi nafkah lahir dan batin secara sembunyi-sembunyi. Pernikahan poligini sah dan tidak dilarang oleh agama dan negara tapi dengan syarat yang sangat ketat untuk menjaga kemaslahatan bagi kedua belah pihak. Sedangkan pencatatan pernikahan merupakan bukti otentik bahawa seorang laki-laki dan perempuan sudah melakukan pernikahan dan juga untuk menjaga hak-hak perempuan, jadi pernikahan poligini tidak tercatat yang terjadi di Karawang jika pernikahan poligininya tidak tercatat maka pernikahan tersebut ilegal tidak mempunyai kekuatan hukum sehingga hak dan kewajibannya tidak bisa dilindungi oleh negara, sedangkan menurut agama pernikahannya tetap sah selama tidak menimbulkan kemadharatan bagi kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman dan Pelaksanaan; Prinsip - Prinsip Keadilan; Poligini Tidak Tercatat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Poligami Menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perbandingan Hukum Pengadilan Islam dengan Hukum Lain
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Hukum Keluarga
Depositing User: waluyo kasja
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:21
Last Modified: 07 Mar 2024 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85172

Actions (login required)

View Item View Item