Dampak industri kulit terhadap perkembangan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Industri Kulit Guns Leather Sukaregang Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut

Pratiwi, Diajeng Setyo (2024) Dampak industri kulit terhadap perkembangan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Industri Kulit Guns Leather Sukaregang Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan di lingkungan masyarakat Sukaregang yang ditimbulkan oleh pembangunan industri kulit, yaitu adanya kapitalisme ekonomi. Para pemilik modal atau pengusaha kulit memiliki kebebasan penuh dalam mengembangkan modal yang dimilikinya untuk kegiatan ekonomi dan memperoleh keuntungan yang besar, sehingga bisa merasakan hidup yang sejahtera. Hal tersebut menyebabkan adanya golongan masyarakat kaya raya dan masyarakat miskin sehingga terjadi kesenjangan sosial di masyarakat Sukaregang, akibat tidak digunakannya sistem dan etika islam dalam proses kegiatan industri kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya, faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari adanya industri kulit Guns Leather terhadap perkembangan ekonomi masyarakat Sukaregang Garut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dampak menurut Hikmah Arif (2009:10) bahwa dampak ialah segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya sesuatu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung di tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Upaya yang dilakukan industri kulit Guns Leather dalam mendorong ekonomi masyarakat dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak terkait, mengikuti kegiatan pelatihan, pembinaan dan pameran kulit, serta memanfaatkan media sosial. 2. Faktor pendukung pengembangan industri kulit Guns Leather ialah SDM yang kompeten, permodalan yang lancar, ketersediaan bahan baku, media sosial dan marketing sedangkan faktor penghambat pengembangan industri kulit Guns Leather ialah adanya produk imitasi, rendahnya kualitas SDM (buruh pabrik) dan terkendala modal. 3. Hasil adanya industri kulit Guns Leather terhadap perkembangan ekonomi masyarakat Sukaregang Garut ialah terciptanya lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi jumlah pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak Industri; Perkembangan Ekonomi; Ketimpangan Sosial
Subjects: Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diajeng Setyo Pratiwi
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:17
Last Modified: 29 Feb 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85204

Actions (login required)

View Item View Item