Pengelolaan Cyber Public Relations pada media sosial Youtube Kemenag Ngawi

Avocent, Zahara Queen (2023) Pengelolaan Cyber Public Relations pada media sosial Youtube Kemenag Ngawi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Zahara Queen Avocent: Pengelolaan Cyber Public Relations Pada Media Sosial Youtube Kemenag Ngawi. Kementerian Agama Kabupaten Ngawi memiliki peran penting dalam hal keagamaan. Public relations memegang peran sentral dalam menciptakan hubungan harmonis dan mencapai citra positif. Humas Kemenag Ngawi fokus pada publikasi kebijakan dan menyerap aspirasi masyarakat, menganalisis isu-isu strategis, dan memberikan masukan kepada pimpinan. Cyber public relations adalah kegiatan kehumasan di dunia maya yang memanfaatkan teknologi ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan public relations. Melalui pendekatan ini, praktisi kehumasan dapat menyampaikan pesan, berinteraksi dengan khalayak, dan membangun citra positif dengan lebih efisien melalui berbagai platform dan saluran online yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dengan menyeluruh semua aspek pengelolaan cyber public relations di platform media sosial youtube yang dilakukan oleh Kemenag Ngawi, termasuk proses penyebaran informasi, optimalisasi informasi, manajemen informasi, dan interaksi dengan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka konstruktivistik, dan metodologi menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Kemenag Ngawi. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan Kemenag Ngawi dalam menerapkan model "the circular some" (share, optimize, manage, engage) oleh Luttrell di pengelolaan cyber public relations melalui youtube. Pertama, tahap share yang melibatkan pemilihan media untuk menyebarkan informasi tentang Kemenag Ngawi, publikasi konten untuk membuka ruang interaksi dua arah dengan masyarakat, dan membangun kepercayaan publik terhadap instansi. Kedua, tahap optimize mencakup optimalisasi konten untuk memberikan informasi yang baik dan bermanfaat, dan konten yang beragam untuk memaksimalkan penyebaran informasi. Ketiga, tahap manage yang melibatkan media monitoring untuk mengawasi konten dan respons dari masyarakat. Keempat, tahap engage melibatkan publik melalui cyber public relations dan kolom komentar untuk menjaga keterlibatan dengan masyarakat atau subscribers. Pendekatan ini bertujuan memperluas cakupan audiens secara intens dan berkelanjutan di platform media sosial youtube.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cyber public relations; humas; pengelolaan; youtube; kemenag;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Zahara Queen Avocent
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:28
Last Modified: 04 Mar 2024 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85276

Actions (login required)

View Item View Item