Bimbingan keagamaan melalui kajian kitab Akhlakul Lil Banin untuk membentuk akhlak santri : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Anak Manta Alam Desa Karangreja

Rahmawati, Neng Ayu (2023) Bimbingan keagamaan melalui kajian kitab Akhlakul Lil Banin untuk membentuk akhlak santri : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Anak Manta Alam Desa Karangreja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Dunia telah dilanda globalisasi, yang mana nilai-nilai sudah baik dapat berubah karena tidak ada batasan untuk ruang dan waktu. Semua berkaitan dengan perilaku, budi pekerti, etika dan moral yang dianggap sebagai landasan bahwa perilaku tersebut mudah berubah. Seperti sekarang ini banyak terjadi kasus sex bebas, hamil diluar nikah, dan sebagainya. Hal itu tanpa kita sadari sudah terjadi di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, nilai-nilai itu mudah berubah, bahkan tidak lagi tertanam dalam diri santri, sehingga dibutuhkan kembali penguatan nilai-nilai berdasarkan Al-Quran dan Hadits yang disebut akhlak. Akhlak yaitu cerminan setiap orang apakah seseorang punya rasa malu, jujur, ramah, lemah lembut, adil, ikhlas, suka menolong, mempunyai rasa kasih sayang terhadap sesame dan sebagainya. Sehingga diperlukan bimbingan keagamaan untuk memberikan pengetahuan tentang akhlak kepada santri. Bimbingan Keagamaan merupakan proses pemberian bantuan terhadap individu agar kehidupan agamanya senantiasa sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga dapat mencapai hidup di dunia dan Akhirat (Ainu Rahim Faqih, 2001:62). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari Bimbingan Keagamaan melalui kajian Kitab Akhlakul Lil Banin dalam Membentuk Akhlak Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Anak Manta Alam Desa Karangreja. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini berguna untuk memberikan gambaran secara akurat mengenai fakta-fakta yeng berhubungan dengan keadaan di tempat penelitian. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik untuk memperoleh data ataupun informasi secara fakta dan mendalam, seperti teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa proses bimbingan keagamaan melalui kajian Kitab Akhlakul Lil Banin dilaksanakan setiap seminggu sekali dengan menggunakan metode ceramah dan lebih diperkuat dengan metode teladan dan nasihat. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini bahwa dengan adannya bimbingan keagamaan melalui kajian kitab Akhlakul Lil Banin, santri yang sebelumnya berperilaku tidak sesuai dengan petunjuk Allah dan setelah adanya bimbingan ini santri menunjukan perubahan yang cukup baik dari segi pemahaman dan perilaku santri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan melalui kajian kitab Akhlakul Lil Banin mendapatkan hasil yang cukup baik dalam pembentukan akhlak santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Anak Manta Alam Desa Karangreja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Akhlak Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Neng Ayu Rahmawati
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:48
Last Modified: 04 Mar 2024 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85297

Actions (login required)

View Item View Item