Virginia, Shafira (2024) Pengaruh kontrol diri dan gaya hidup Influencer terhadap perilaku konsumtif pada dewasa awal pengguna Social Media. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Permasalahan perilaku konsumtif di usia dewasa awal dapat dipicu oleh social media yang digunakan oleh boyband group atau influencer yang digemarinya. Khususnya pada penggemar boyband group/influencer, social media dari boygroup tersebut kerap kali menampilkan barang-barang yang digunakannya dalam keseharianya. Tentunya hal tersebut membuat penggemar menjadi mengikuti boyband group/influencer panutannya yang mengakibatkan menjadi konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kontrol diri dan gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dewasa awal pengguna social media. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan regresi berganda. Sebanyak 171 dengan karakteristik berusia 18-25 tahun, pengguna aktif social media dan penggemar boygroup NCT didapatkan dengan convinience sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda menghasilkan nilai F = 178.462 dan signifikan p = 0.000 < 0.005 menunjukkan terdapat pengaruh kontrol diri dan gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dengan nilai koefisien determinasi 0.680 atau sebesar 68%. Secara terpisah, gaya hidup influencer berpengaruh secara positif terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri berpengaruh secara negatif terhadap perilaku konsumtif. Agar terhindar dari perilaku konsumtif dapat dilakukan dengan cara meminimalisir penggunaan social media dan lebih mengontrol diri ketika hendak melakukan pembelian. ENGLISH : Consumer behavior problems in early adulthood can be triggered by social media used by boy bands or influencers they like. Especially for fans of boyband groups/influencers, the boygroup's social media often displays the items they use in their daily lives. Of course, this makes fans follow their role model boyband groups/influencers which results in them becoming consumptive. The aim of this research is to determine the influence of self-control and influencer lifestyle on the consumer behavior of early adult social media users. The research method used is a quantitative approach. A total of 171 people with characteristics aged 18-25 years, active social media users and fans of the boy group NCT were obtained using convenience sampling. The results of research using multiple regression analysis produced a value of F = 178.462 and significant p = 0.000 < 0.005, indicating that there is an influence of self-control and the influencer's lifestyle on consumer behavior with a coefficient of determination of 0.669 or 66.9%. Separately, influencer lifestyle has a positive effect on consumer behavior, while self-control has a negative effect on consumptive behavior. To avoid consumer behavior, you can minimize your use of social media and control yourself more when you want to make a purchase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self control; influencer’s lifestyle; consumer behavior; early adulthood |
Subjects: | Special Computer Methods > Online Social Network Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Virginia Shafira |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:20 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85385 |
Actions (login required)
View Item |