Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya Literasi siswa di SMP Mekar Arum : Studi kasus di kelas VIII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung

Hamzah, Dandan Danial (2023) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya Literasi siswa di SMP Mekar Arum : Studi kasus di kelas VIII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan penelitian ini di latar belakang oleh lunturnya budaya literasi karena minat Literasi Siswa-Siswi di Indonesia masih sangat kurang, dalam menyikapi hal ini, tentuya Guru pendidikan Agama Islam juga menupayakan atau membuat strategi dalam meningkatkan budaya Lterasi Siswa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi guru Pendidikan agama Islam dalam Meningkatkan budaya Literasi Siswa di SMP Mekar Arum, sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai peran mereka dalam merangsang minat literasi Siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif deskriptip, Sumber data utama yaitu kepala sekolah,guru pendidikan agama islam, Siswa kelas VII dan sumber data tambahan berupa dokumen Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) pembiasaan Literasi dengan jadwal yang berbeda dan penerapan gerakan Literasi Sekolah (GLS) membaca bersama sama-sama di lapangan yang di namakan redatun dan juga membaca 15 menit sebelum pembelajaran (2) Strategi yang di lakukan oleh guru pendidikan agama Islam beragam, seperti membaca materi sebelum pembelajaran di mulai di lakukan aseprsi,diskusi bersama dan melakukan pembelajaran di luar kelas(3) faktor pendukung dari pemerintah,orang tua ,guru serta sarana pra sarana sekolah yang mendukung sedangkan faktor penghambat adalah faktor insternal yaitu dari dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru pendidikan agama Islam; Budaya Literasi
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danial Hamzah Dandan
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:19
Last Modified: 06 Mar 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85399

Actions (login required)

View Item View Item