Pengaruh cara aplikasi limbah media tanam jamur merang terhadap penyakit hawar daun (Alternaria brassicae) pada pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.)

Fadillah, Siti Syifa Nur (2024) Pengaruh cara aplikasi limbah media tanam jamur merang terhadap penyakit hawar daun (Alternaria brassicae) pada pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Produktivitas sawi hijau (Brassica juncea L.) belum memenuhi permintaan pasar, penyebabnya penyakit hawar daun (Alternaria brassicae). Pengendaliannya dengan menggunakan limbah media tanam jamur merang, keberhasilan pengendalian dipengaruhi oleh cara aplikasi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan cara aplikasi yang paling efektif limbah media tanam jamur merang dalam menekan penyakit hawar daun pada pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai September 2023 di Laboratorium penyakit UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Kebun Percobaan Jimmy Hantu, Tamansari, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada penelitian in vitro dengan 5 taraf perlakuan dan 5 kali ulangan , sebagai berikut : A = kontrol, B = Pengenceran limbah media jamur merang 10-5, C = 10-6 D = 10-7 E = 10-8 dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pada penelitian in vivo dengan 6 taraf perlakuan dan 4 kali ulangan, taraf perlakuan tersebut sebagai berikut : A = Kontrol positif (tanpa investasi patogen), B = Kontrol negatif (tanpa limbah media jamur merang), C = limbah media jamur padat 1:3, D = limbah media jamur 1:3 dan cair disemprotkan ke tanaman, E = limbah media jamur padat 1:3 dan cair dikucurkan ke perakaran, F = limbah media jamur padat 1:3 dan cair dengan perendaman benih. Hasil penelitian ini menunjukan cara aplikasi mampu menekan penyakit hawar daun dan cara aplikasi yang tepat dapat mempengaruhi pertumbuhan pada tinggi dan jumlah helai daun, cara aplikasi yang paling efektif dalam menekan penyakit pada pertumbuhan dan hasil yaitu aplikasi limbah media jamur merang padat 1:3 dan cair dengan perendaman benih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sawi Hijau; Alternaria brassicae; Limbah Media Jamur Merang;
Subjects: Plant Injuries > Plant Diseases
Plant Injuries > Fungus Diseases
Garden Crops, Horticulture, Vegetables > Cooking Greens and Rhubarb
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Siti Syifa Nur Fadillah
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:47
Last Modified: 06 Mar 2024 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85410

Actions (login required)

View Item View Item