Implementasi Model Round Robin Menggunakan Grafik Organizer untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Kalor

Neng Amelia Rahmawatie, Neng Amelia (1210207074) (2014) Implementasi Model Round Robin Menggunakan Grafik Organizer untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari wawancara dengan guru fisika dan beberapa siswa MAN Surade hasil observasi peneliti yang menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains(KPS) siswa dalam mata pelajaran fisika tergolong rendah. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesempatan siswa untuk mengembangkan potensi ilmiah yang dimilikinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa mengembangkan KPS dalam pembelajaran yakni dengan menerapkan model Round Robin dan ditambah menggunakan Grafik Organizer yang dimana siswa dapat menuliskan pemikirannya pada media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Round Robin dan peningkatan penguasaanKPS siswa dengan penerapan model pembelajaran Round Robin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 MAN Surade .Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan cara pengundian dan terpilih sampel kelas X-3 1.Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan model Round Robin dan tes KPS berbentuk pilihan ganda sebanyak 14 butir soal. Persentase keterlaksanaan model Round Robin setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 100%. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxon match pairs test menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran Round Robin dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh Zhitung(4,85)>ZTabel(1,96). Rata-rata peningkatan KPS ditunjukkan oleh indeks N-Gain sebesar 0,59 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran Round Robin dapat dijadikan sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sainssiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Round Robin, Grafik Organizer Keterampilan Proses Sains, N-Gain
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 07:24
Last Modified: 15 Mar 2016 11:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item