Peran bimbingan akhlak dalam mengatasi krisis moral pada remaja awal : Studi kasus di Madrasah Al-Mursalin Dusun Citanggulun RT/RW 01/04 Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Fillah, Munadiya (2024) Peran bimbingan akhlak dalam mengatasi krisis moral pada remaja awal : Studi kasus di Madrasah Al-Mursalin Dusun Citanggulun RT/RW 01/04 Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan dalam membahas bimbingan akhlak mampu mengatasi krisis moral pada remaja awal. Remaja awal merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, di mana di masa itu anak menjadi sangat labil dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Dan dengan bimbingan yang hanya diberikan oleh orang tua saja tidak cukup untuk memenuhi bekal kehidupannya di masa yang akan datang. Maka dari itu perlu bimbingan yang selain dari orang tua saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Untuk mengetahui bagaimana gambaran krisis moral remaja awal yang terjadi di madrasah Al-Mursalin dusun Citanggulun rt/rw 01/04 desa Cintamulya kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan akhlak dalam mengatasi krisis moral remaja awal madrasah Al-Mursalin dusun Citanggulun rt/rw 01/04 desa Cintamulya kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang. Untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan akhlak mampu mengatasi krisis moral pada remaja awal di madrasah Al-Mursalin dusun Citanggulun rt/rw 01/04 desa Cintamulya kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang. Adapun metode yang digunakan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dengan lima orang informan yang terdiri dari empat pembimbing dan satu kepala madrasah sebagai subjek penelitian. Dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai pengumpulan data. Dan dalam teknik analisis data dengan reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil dari wawancara dan observasi penelitian, gambaran krisis moral yang terjadi pada remaja awal yang terjadi di Madrasah Al-Mursalin ini tidak semuanya baik, ada sebagian anak yang masih membutuhkan bimbingan lebih dari pembimbing, disebabkan karena anak remaja masih bertahap dalam proses memperbaiki diri untuk lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan ini. Positifnya dari bimbingan akhlak ini membuat anak semakin sadar akan mencintai lingkungannya, temannya, dan selalu bersikap sopan terhadap orang yang di temuinya serta dengan adanya aturan-aturan yang sudah ada sebagian anak remaja mulai mentaati setiap aturan yang tercantum. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran bimbingan akhlak dalam mengatasi krisis moral para remaja awal, bimbingan akhlak sangat berpartisipasi atau sangat berpengaruh dalam mengatasi krisis moral yang terjadi pada remaja awal dalam mengembangkan perilaku atau karakter yang baik pada anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akhlak; Krisis Moral; Remaja Awal
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Munadiya Fillah
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:35
Last Modified: 08 Mar 2024 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85508

Actions (login required)

View Item View Item