Hubungan antara aktivitas anak dalam permainan Balok dengan kreativitas anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok A RA Nurul Huda II Kec.Cisayong Kab.Tasikmalaya

Maulani, Rima Nabila (2023) Hubungan antara aktivitas anak dalam permainan Balok dengan kreativitas anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok A RA Nurul Huda II Kec.Cisayong Kab.Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Yang melatarbelakangi dilakukan penelitian ini adalah anak senantiasa melakukan aktivitas permainan balok akan tetapi dalam aktivitas tersebut masih terdapat anak yang belum terlihat kreativitasnya dalam menggunakan permainan balok, yaitu dengan ditandai sikap yang tidak aktif, kurang percaya diri, tidak merasa ingin tahu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas anak menggunakan permainan balok di Kelompok A RA Nurul Huda II Tasikmalaya; (2) Kreatvitas anak pada kelompok A RA Nurul Huda II Tasikmalaya; (3) Hubungan aktivitas anak dalam permainan balok terhadap kreativitas anak di kelompok A RA Nurul Huda II Tasikmalaya. Penelitian ini didasarkan oleh suatu pemikiran bahwa aktivitas bermain balok diantaranya anak mulai membangun permainan balok, anak mulai membangun bentuk dekoratif dan anak mulai menirukan bangunan yang sering mereka lihat, sehingga kemampuan berpikir kreatif anak dalam permainan balok menunjukan, kelancaran, keluwesan, keaslian, penguraian. Berdasarkan asumsi teori tersebut disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan ada Hubungan Antara Aktifitas Anak Dalam Permainan Balok Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode korelasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dengan empat pilihan jawaban. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Anak Usia Dini anak pada kelompok A RA Nurul Huda II Tasikmalaya sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji non determinasi serta uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa untuk uji regresi menghasilkan persamaan Ŷ = 3,87 + 0,95 X artinya bahwa Aktivitas Anak dalam Permainan Balok yang dilakukan oleh siswa RA Nurul Huda II Tasikmalaya berpengaruh positif terhadap Kreativitas Anak Usia Dini sebesar 0,95 kali. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,80 yang dapat diartikan pengaruh Aktivitas Anak dalam Permainan Balok Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini adalah sangat kuat. Uji determinasi diperoleh nilai 64% yang menggambarkan besarnya presentase pengaruh Aktivitas Anak dalam Permainan Balok terhadap Kreativitas Anak Usia Dini . Uji non determinasi yaitu 36% merupakan presentase pengaruh faktor lain terhadap Kreativitas Anak Usia Dini RA Nurul Huda II Tasikmalaya. Uji hipotesa diketahui nilai ttabel pada α = 0,25 dan dk = 18 yaitu 0,688 Sedangkan nilai thitung 5,65. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung>ttabel (5,65 > 0,688). Sehingga Ho ditolak atau Ha diterima, berarti Aktivitas Anak dalam Permainan Balok berpengaruh signifikan terhadap Kreativitas Anak Usia Dini RA Nurul Huda II Tasikmalaya Cisayong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Anak; Permainan Balok; Kreativitas; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rima Nabila Maulani
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:39
Last Modified: 28 Mar 2024 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85617

Actions (login required)

View Item View Item