Pemikiran politik Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan pengaruhnya terhadap gerak politik DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setelah menjabat Ketua Umum NahdlatulUlama 2021-2023

Almubarok, Ahmad Najib (2024) Pemikiran politik Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan pengaruhnya terhadap gerak politik DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setelah menjabat Ketua Umum NahdlatulUlama 2021-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Persoalan utama Persoalan utama dalam penelitian ini adalah dampak Gus Yahya terhadap perkembangan doktrin Humanitarian Islam, penanganan agama dan negara, serta praktik dan orientasi politik di PKB. Mengetahui seberapa signifikan, kuat, dan berpengaruhnya Gus Yahya dalam pergerakan partai politik PKB pasca menjabat sebagai Ketua Umum Nahdlatul Ulama 2021–2023 menjadi tujuan penelitian ini. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan teknik penelitian deskriptif, seperti pengumpulan data, penyusunan, klasifikasi, analisis, dan interpretasi melalui tinjauan terhadap sumber primer dan sekunder. Selanjutnya, ia melakukan kerja lapangan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait—orang-orang yang pernah mengikuti perjalanan politik Gus Yahya di PKB. Penulis juga berharap dapat memperoleh pengalam;an langsung dari pihak-pihak yang secara kolektif mendukung pertarungan ideologi Gus Yahya di PKB dalam wawancara kali ini. kemudian analisis data digunakan dalam penelitian ini untuk mengkarakterisasi, mengolah, dan menganalisis data wawancara. Hasil penelitian ini bahwa penguatan ideologi humanitarian islam yang diperjuangkan oleh Gus Yahya pada PKB semata-mata untuk kebaikan partai itu sendiri, selain itu untuk menjaga keutuhan NKRI dan mensejahterakan masyarakat. Kemudian dalam menata hubungan antara agama dengan negara pada PKB, Gus Yahya mampu membawa PKB pada forum internasional. Agar PKB dapat diterima bukan hanya dikalangan warga NU melainkan juga pda forum internasional. Selanjutnya pengaruh Gus Yahya dalam orientasi dan praktik politik PKB cukup signifikan, Gus Yahya punya pandangan sendiri tentang bagaimana partai politik dan organisasi masyarakat yang punya peran berbeda guna menyusun peradaban dunia baru. Dalam praktik politik PKB Gus Yahya berhasil menjadi salah satu anggota komisi internasional Indo-Pasifik dan berhasil mendorong Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi Wakil Presiden CDI (Centrist Democratic International).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nahdlatul Ulama; PKB; Pemikiran Politik; Humanitarian Islam;
Subjects: Islam
Political dan Government Science > Organization and Management of Political Science
Political Process > Political Parties
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Ahmad Najib Almubarok
Date Deposited: 14 Mar 2024 00:53
Last Modified: 14 Mar 2024 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85622

Actions (login required)

View Item View Item