Pemahaman hadis tentang kasih sayang Rasulullah kepada orang - orang berdosa : Studi analisis pada buku berjudul Rahmah Ar-Rasul Shallallahu Alaihi Wa Sallam karya Prof. Dr. Raghib As-Sirjani

Ridwan, Muhamad (2024) Pemahaman hadis tentang kasih sayang Rasulullah kepada orang - orang berdosa : Studi analisis pada buku berjudul Rahmah Ar-Rasul Shallallahu Alaihi Wa Sallam karya Prof. Dr. Raghib As-Sirjani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini marak ditemukan beberapa fenomena mengenai kurangnya kasih sayang, idetiknya seringnya terjadi perceraian, pembunuhan, pezinahan dan lain sebagainya. Dengan demikian, pentingnya kasih sayang kepada sesama manusia sudah semestinya dimiliki setiap insan. Namun, pada saat ini kasih sayang masih dalam problema dan pro kontra dikalangan umat manusia. Oleh karna itu, kasih sayang terhadap sesama manusia tentunya sudah tertanam pada setiap diri manusia. buku ini telah membahas mengenai kasih sayang Rasulullah karya Raghib As-Sirjani berjudul Rahmah Ar-Rasul, buku tersebut membahas mengenai kasih sayang yang merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah. Penelitian ini dilakukan untuk membahas kasih sayang Rasulullah kepada orang-orang yang berdosa (analisis hadis dalam buku Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani). Maka peneliti telah merumuskan masalah bagaimana analisis tentang kasih sayang Rasulullah pada buku Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani? Dan bagaimana pemahaman kasih sayang Rasulullah menurut Raghib As-Sirjan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis hadis tentang kasih sayang Rasulullah pada buku Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani dan pemahaman hadis tentang kasih sayang Rasulullah menurut Raghib As-Sirjani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analisis. Sumber primer pada penelitian ini adalah buku berjudul Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani. Hasil dan pembahasan pada buku Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani ditulis delapan bagian. Bagian pertama terdiri 3 bab, bagian kedua terdiri 7 bab, bagaian ketiga terdiri 3 bagian dan seterusnya. Pada penelitian ini membahas bagian ketujuh pada bab ke II yang membahas mengenai kasih sayang kepada orang-orang berdosa. Adapun periwayat hadis dalam buku tersebut, yakni pertama, yang diriwayatkan Shahih Bukhari no 1936 tentang zina. Kedua, Shahih Bukhari no 3007 tentang mata-mata. Ketiga, Shahih Bukhari no 3475 tentang Hadd (potong tangan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa tiga hadis yang ditulis pada buku Rahmah Ar-Rasul karya Raghib As-Sirjani berkualitas ṣhaḥīḥ, yakni pemahaman tentang mengenai kasih sayang Rasulullah kepada orang-orang berdosa yang ditulis dalam buku yang berjudul Rahmah Ar-Rasul .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kasih Sayang; Berdosa; Hadits; Raghib; Rahmah Ar-Rasul
Subjects: Moral Theology > Sin and Vices
Islam > Hadith
Islam > Study of Text of Hadith
Islam > Dirayah Science of Authenticity of Hadith
Islam > Al-Bukkhari
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Cerita-cerita Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Muhamad Ridwan
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:05
Last Modified: 15 Mar 2024 06:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85627

Actions (login required)

View Item View Item