Penyelesaian Pembiayaan Mudharabah pada Nasabah yang Terkena Overmacht di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang: Studi Kasus Kebakaran Pasar Lembang Mei 2015

Nurhidayat, Ai Ida (2018) Penyelesaian Pembiayaan Mudharabah pada Nasabah yang Terkena Overmacht di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang: Studi Kasus Kebakaran Pasar Lembang Mei 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Masyarakat kecamatan Lembang kabupaten Bandung Barat sebagian besar berprofesi sebagai petani, namun ada juga yang berprofesi sebagai pedagang. Sebagian pedagang Pasar Lembang adalah nasabah Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang. Salah satu pembiayaan yang sering dilakukan di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang adalah pembiayaan mudharabah. Pada bulan Mei 2015 terjadi kebakaran yang menimpa Pasar Lembang dan ada 30 nasabah yang menjadi korban kebakaran sehingga para nasabah tidak dapat memenuhi kewajibannya terhadap bank. Dalam skripsi ini penulis melakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui prosedur penyelesaian pembiayaan mudharabah pada nasabah yang terkena overmacht di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang dan untuk mengetahui analisis penyelesaian pembiayaan mudharabah pada nasabah yang terkena overmacht di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang. Kerangka pemikiran ini didasarkan pada pembiayaan mudharabah yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang yang berfungsi untuk memberikan bantuan pendanaan untuk aktivitas perekonomian umat dalam mengembangkan usaha. Namun pembiayaan bisa mengalami masalah dengan adanya hal-hal yang tidak terduga, keadaan memaksa (overmacht) sehingga nasabah tidak mampu memenuhi prestasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data-data, jadi ia juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasikan. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa prosedur penyelesaian yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang pada nasabah yang terkena overmacht antara lain dilakukan dengan cara reconditioning, klaim ke asuransi, mencairkan dana hold angsuran, rescheduling, jaminan sukarela dan restructuring, namun prosedur penyelesaian yang sering dilakukan adalah dengan cara rescheduling yaitu backup harian. Sedangkan analisis penyelesaian pembiayaan mudharabah pada nasabah yang terkena overmacht di Bank BRI Syariah Kantor Kas Lembang bila dirujuk pada Hukum Ekonomi Syariah bersesuaian dengan ketentuan yang berkaitan dengan penyelesaian pembiayaan bermasalah yang terdapat dalam PBI Nomor 13/9/PBI/2011 atas Perubahan Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/13/PBI/2008, SEBI Nomor 13/18/DPbs tanggal 30 Mei 2011 tentang Perubahan atas SEBI Nomor 10/34/DPbs tanggal 22 Oktober 2008, Kaidah Ushul Fiqih, Ayat Al-Qur’an, dan Hadist. Karena penyelesaian yang dilakukan melalui musyawarah dan pendekatan kekeluargaan, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Financial Economics, Finance
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ai Ida Nurhidayat
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:09
Last Modified: 26 Apr 2018 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item View Item