Implementasi kegiatan Cyber Public Relations melalui pengelolaan media sosial Instagram @radartv_official: Studi deskriptif kualitatif pada Radar Tasikmalaya TV

Amalia, Hasni (2024) Implementasi kegiatan Cyber Public Relations melalui pengelolaan media sosial Instagram @radartv_official: Studi deskriptif kualitatif pada Radar Tasikmalaya TV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial lahir dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial saat ini telah digunakan oleh banyak lembaga dengan tujuan agar lembaga dapat berkomunikasi dengan publiknya. Radar Tasikmalaya TV sebagai perusahaan media tentunya tidak menutup mata pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Radar Tasikmalaya TV menggunakan Instagram dengan tujuan sebagai sarana pendukung dalam penyebaran informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai implementasi kegiatan cyber public relations melalui kegiatan pengelolaan media sosial di Instagram Radar Tasikmalaya TV. Penelitian ini diteliti menggunakan konsep yang dikemukakan oleh David Armano yaitu konsep 4C Public Relations. Konsep ini membahas mengenai pengelolaan media sosial dari empat aspek yaitu aspek konten, konteks, konektivitas dan kontinuitas. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran informasi mengenai kegiatan cyber public relations pada Instagram Radar Tasikmalaya TV. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Radar Tasikmalaya TV melakukan kegiatan cyber public relations dalam empat tahapan. Pertama, penentuan konten yang dilakukan dalam dua cara yaitu menentukan jenis konten serta membuat konten dan mengunggah konten. Penentuan jenis konten terbagi menjadi empat kategori yaitu konten berita, konten kerjasama atau iklan, konten hiburan dan konten promosi program. Kedua, penyesuaian format konten dengan melakukan penyuntingan konten dan pemanfaatan fitur Instagram. Ketiga, interaksi dengan audiens atau pengikut media sosial Instagram Radar Tasikmalaya TV melalui fitur Instagram yaitu like, komentar, share dan direct message (DM). Keempat adanya evaluasi konten yang dilakukan secara langsung oleh pengelola media sosial Instagram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Radar Tasikmalaya TV mengimplementasikan kegiatan cyber public relations melalui media sosial Instagram dengan memastikan pengelolaan kualitas konten dan responsif terhadap perbaikan yang diperlukan. Radar Tasikmalaya TV melakukan kegiatan pengelolaan media sosial sesuai dengan konsep 4C Public Relations yang dikemukakan oleh David Armano.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Konten; Cyber Public Relations, Fitur Instagram
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Hasni Amalia
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:03
Last Modified: 18 Mar 2024 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85701

Actions (login required)

View Item View Item