Implementasi pedoman akuntansi pesantren tentang penyajian laporan keuangan pesantren pada Pondok Pesantren Sabiilul Huda Kota Bandung

Saepudin, Toni (2023) Implementasi pedoman akuntansi pesantren tentang penyajian laporan keuangan pesantren pada Pondok Pesantren Sabiilul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa pengurus pondok, khususnya bendahara pondok yang merupakan pengelola keuangan pondok bukan dari seorang yang berlatar belakang pendidikan akuntansi, melainkan santri yang ditunjuk secara sukarela. Tidak hanya itu, dalam pengelolaan keuangan juga tidak adanya kejelasan secara mendetail dan terperinci mengenai bentuk pertanggungjawaban pengurus pondok dalam mengelola keuangan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Implementasi pencatatan Akuntansi di pondok pesantren Sabiilul Huda Bandung. 2) Akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan di pondok pesantren Sabiilul Huda Bandung. 3) Kesesuaian pelaporan keuangan di pondok pesantren Sabiilul Huda Kota Bandung dengan Pedoman Akuntansi Pesantren. Pedoman Akuntansi Pesantren yang diterbitkan IAI pada tahun 2018, berfungsi sebagai pedoman untuk menyajikan laporan keuangan pondok pesantren. Di Indonesia, aturan ini hanya berlaku untuk pondok pesantren yang berbadan hukum yayasan, di mana kekayaan telah dipisahkan antara pondok pesantren dan pemilik yayasan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pedekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari data pencatatan laporan keuangan Pondok Pesantren Sabiilul Huda. Dari hasil penelitian di peroleh kesimpulan: 1) Pencatatan Akuntansi pada Pondok Pesantren Sabiilul Huda belum menerapkan siklus akuntansi dan masih sederhana. 2) Akuntabilitas pada Pondok Pesantren Sabiilul Huda Kota Bandung belum sesuai Pedoman Akuntansi Pesantren laporan keuangan pada Pondok Pesantren Sabiilul Huda Kota Bandung 3) Laporan keuangan Pondok Pesantren Sabiilul Huda belum sesuai dengan acuan yang berlaku dimana laporan keuangan yang dibuat pihak Pondok Pesantren Sabiilul Huda masih berupa jurnal umum, dimana penambahan pemasukan di catat di sisi debit, pengeluaran di catat di sisi kredit serta saldo akhir yang menyajikan saldo akhir yang dimiliki bendahara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pedoman Akuntansi Pesantren; Laporan Keuangan; Akuntanbilitas; Transparansi; Pondok Pesantren
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Saepudin Toni
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:16
Last Modified: 19 Mar 2024 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85703

Actions (login required)

View Item View Item