Analisa implementasi program Genre (Generasi Berencana) dalam pencegahan TRIAD KRR : Pendekatan teori Interaksionisme simbolik penelitian desa Girimukti Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat

Fadilah, Neng Saniah Nur (2024) Analisa implementasi program Genre (Generasi Berencana) dalam pencegahan TRIAD KRR : Pendekatan teori Interaksionisme simbolik penelitian desa Girimukti Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui bentuk implementasi program generasi Berencana (GenRe) yang diterapkan di Desa Girimukti, mengetahui faktor penghambat dan cara agar program Generasi Berencana (GenRe) dalam pencegahan TRIAD KRR (Kesehatan reproduksi Remaja) atau yang biasa disebut sebagai tiga resiko permasalahan remaja khususnya remaja di Desa Girimukti. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksionisme simbolik George Hebert Mead dengan memiliki empat konsep yaitu : Makna Simbol, Diri (Self),Interaksi Sosial dan Masyarakat (society). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode analisis data dengan tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program generasi Berencana (GenRe) dalam pencagahan Triad KRR dikalangan remaja Desa Girimukti melalui Sosialisasi program Genereasi berencana (GenRe) melalui GenRe Goes To School, permainan ular tangga GenRe dan Posyandu Remaja. Ditemukan pula faktor-faktor penghambat dalam implementasi program generasi berencana ini yaitu faktor sumber daya manusia, lingkungan social, kurangnya motivasi, dan faktor ekonomi. Namun dengan hal ini terdapat cara agar implementasi program Generasi Berencana (GenRe) dalam pencegahan TRIAD KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) dapat terimplemntasikan dengan baik yaitu kolaborasi dengan berbagai stakeholder dan memperluas informasi, karena dengan banyaknya informasi dan implementasinya dari program Generasi Berencana (GenRe) maka para remaja dapat terhindar dari tiga resiko permasalahan remaja atau yang disebut dengan TRIAD KRR (Kesehatan reproduksi Remaja) dan dapat melewati 5 transisi kehidupan remaja dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Program GenRe; TRIAD KRR; Remaja.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Culture and Institutions > Sexual Sociology
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Neng Saniah Nur Fadilah Fadilah
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:46
Last Modified: 18 Mar 2024 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85707

Actions (login required)

View Item View Item