Nurfitri, Linda (2023) Penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas X di MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MA Ar-Rosyidiah, pada pembelajaran fiqh ditemukan penggunaan metode pembelajaran yang masih umum seperti ceramah dan tanya jawab oleh karena itu motivasi belajar siswa cenderung pasif dan kurang terbangun. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan metode pembelajaran snowball throwing pada pembelajaran fiqh di kelas X untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran Fiqh di MA Ar-Rosyidiah. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing dalam mata pelajaran Fiqh di MA Ar-Rosyidiah. 3) pengaruh metode Snowball Throwing terhadap motivasi belajar dalam mata pellajaran Fiqh di MA Ar-Rosyidiah. Penelitian ini didasarkan pada motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam metode pembelajaran yang digunakan. Salah satunya adalah penggunaan metode snowball throwing. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik penerapan metode snowball throwing oleh guru, diduga semakin baik motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group. Dalam penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan keseluruhan jumlah sampel adalah 40. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, angket dan dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji homogenitas, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penerapan pembelajaran fiqh dengan menggunakan metode snowball throwing berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan skor observasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan ke-1 yakni 84,13 dan mengalami peningkatan pada pertemuan ke-2 yakni 96,83. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqh berpengaruh positif dan signifikan. Dengan N-Gain sebesar 0,74 pada kelas eksperimen diinterpretasikan sebagai kategori tinggi, lebih baik dari N-Gain kelas kontrol 0,58 diinterpretasikan sebagai kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (6,72) > ttabel (2,093) H₀ ditolak. Artinya, dengan α= 5%, terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode snowball throwing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Snowball Throwing; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Linda Nurfitri |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:51 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85714 |
Actions (login required)
View Item |