Tinjauan Siyasah Dusturiyah tentang Cipta Kerja dalam Undang-Undang no.11 tahun 2020 Jo. analisis mengenai dampak lingkungan di Kabupaten Tasikmalaya

Sirojudin, Azhar (2023) Tinjauan Siyasah Dusturiyah tentang Cipta Kerja dalam Undang-Undang no.11 tahun 2020 Jo. analisis mengenai dampak lingkungan di Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada adanya regulasi terbaru yang mengatur Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang merupakan dokumen yang harus dilampirkan dalam penyusunan izin lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pertimbangan hukum dan alasan pemberlakuan Amdal, Implikasi hukum terkait dengan adanya regulasi tentang Amdal, dan juga pandangan Siyasah Dusturiyah terhadap terhadap pertimbangan hukum dan pemberlakuan Amdal berdasarkan undang-undang No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hukum murni yang megedepankan aspek hukum dalam ranah das sollen (hukum yang seharusnya), dan juga teori hifdz bi’ah dalam konsep maqasid syariah .Selain itu, dalam aspek siyasah dusturiyah menggunakan kaidah yang mengkaji perundang-undangan yang pada kemaslahatan ummat sesuai prinsip siyasah dusturiyah.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris yang menghimpun dan menganalisis data, dokumen perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini ditemukan :1). Politik hukum adanya amdal didalam undang-undang cipta kerja adalah untuk peningkatan investasi dan percepatan proyek strategis nasional yang berorientasi pada kepentingan nasional, namun semangat investasi dalam undang-undang cipta kerja dan mengidahkan meaningful participation dan perhatian utuh terhadap lingkungan. 2). Implikasi hukum terkait dengan adanya regulasi amdal didalam undang-undang cipta kerja berimplikasi pada ketentuan izin lingkungan yang terintegrasi (IUT), ketidak terlibatan masyarakat pemerhati dalam penyusunan amdal,dan perpindahan wewenang pengujian kelayakan lingkungan dari asalnya wewenang pemerintah daerah menjadi pemerintah pusat, 3). Dalam perspektif siyasah dusturiyah penelitian di Kabupaten Tasikmalaya secara praktik telah menggunakan undang-undang terbaru dalam menyambut proyek strategis nasional namun secara konsep dalam kajian siyasah dusturiah perlunya perhatian terhadap konsep syura dalam komisi penilai amdal serta peneguhan dalam prinsip peningkatan langkah preventive sesuai dengan kaidah-kaidah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Amdal; Cipta Kerja; Lingkungan Hidup
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Azhar Sirojudin
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:28
Last Modified: 18 Mar 2024 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85762

Actions (login required)

View Item View Item