Konsep pemahaman gender di pondok pesantren : Studi di Pondok Pesantren Salafi Ar-Raaid Kp. Cisalatri Gg Kujang Kc. Cibiru Kota Bandung

Kurniawati, Lilis (2023) Konsep pemahaman gender di pondok pesantren : Studi di Pondok Pesantren Salafi Ar-Raaid Kp. Cisalatri Gg Kujang Kc. Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fakta bahwa Isu gender yang menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat tentang ajaran dalam agama selalu dianggap sebagai penyebab ketidakadilan atau diskriminasi terhadap perempuan, sedangkan kenyataannya tidak demikian, melainkan suatu praktik budaya atau tradisi masyarakat yang terkadang lari dari konsep ajaran agama Islam yang benar. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui dan mengupas isu-isu yang sudah tersebar di masyarakat melalui persepsi santri dan implementasi gender yang ada di pondok pesantren Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid. Penelitian ini menggunakan Teori gender Mansour faqih yang menjelaskan bahwa gender dikonstruksikan secaras sosial maupun kultural melalui proses sosial yang bersifat dinamis. Dan dalam mengkajinya menggunakan teori keadilan Amina wadud, yang mana dalam peran masing-masing individu dalam masyarakat mengindikasikan kelebihan masing-masing dari laki-laki dan perempuan, dan berdasarkan pada teori-teori tersebut, peneliti merelevansikan bahwa gender di Pondok Pesantren Salafy Ar- Raaid tidak mengikuti gender pada umumnya seperti adanya kesertaraan-kesetaraan di dalamnya, apabila dalam implementasinya ada beberapa hal yang sama bukan berarti setara, tetapi lebih kepada qism yaitu pemberian yang memberikan rasa senang dan puas kepada dua belah pihak, meski tidak harus sama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep gender cukup berpengaruh atau berdampak pada para santri Pondok Pesantren Salafy Ar- Raaid. Bentuknya ada kesetaraan di kalangan dan memegang landasan syariat islam yang sesuai dengan ajaran islam yang diberlakukan di Pondok Pesantren Salafy Ar- Raaid. Sebagian aktifitas yang dilakuan santri Pondok Pesantren Salafy Ar- Raaid menunjukkan konsep gender yang dilandasi dengan syariat islam, sehigga implementasi gender di Pondok Pesantren Salafy Ar- Raaid menunjukkan tidak adanya proses deskrimiasi atau bias gender seperti yang telah di isu kan oleh masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gender; santri; dinamis; keadilan
Subjects: Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lilis Kurniawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:28
Last Modified: 19 Mar 2024 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85774

Actions (login required)

View Item View Item