Evaluasi pengelolaan bantuan langsung tunasi dana desa di desa Lebakwangi kecamtan Arjasari kabupaten Bandung tahun 2020 – 2021

Saputra, Aditya (2023) Evaluasi pengelolaan bantuan langsung tunasi dana desa di desa Lebakwangi kecamtan Arjasari kabupaten Bandung tahun 2020 – 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD), merupakan bantuan langsung pemerintah desa, dimaksudkan untuk melindungi penduduk yang paling rentan dari keruntuhan ekonomi yang disebabkan oleh epidemi COVID-19. Prosedur seleksi administrasi dilakukan sebelum transfer keuangan langsung kepada masyarakat guna menjamin anggaran dan bantuan langsung disalurkan sesuai PMK No. 94 Tahun 2021. Penerima bantuan tunai langsung ini ditetapkan sebagai pengguna kartu sembako dan keluarga yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Evaluasi diperlukan dalam hal ini dalam rangka mengoptimalkan program ke depan karena ada beberapa komponen suboptimal dari program bantuan ini yang berubah dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program bantuan langsung tunai dana desa di wilayah desa lebakwangi kecamatan arjasari kabupaten Bandung, kendala yang dihadapi, respon masyarakat, Tindakan yang diambill jika terjadi ketidakoptimalam program. Sehingga kedepannya bisa menciptakan program bantuan langsung tunai yang mencapai target. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk memahami keadaan dan keadaan konteks tertentu dan menyelidiki masalah dalam terang lingkungan yang sebenarnya. Data yang dapat berbentuk kata, kalimat, diagram, atau gambar disebut sebagai data kualitatif. Fakta yang ditemukan di lapangan selama studi juga digunakan untuk mendorong pengumpulan data dan penelitian kualitatif (Anggara, 2015). Teori Evaluasi William N. Dunn (2018, hlm. 333) adalah teori yang diterapkan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis secara keseluruhan, dapat diketahui bahwa dalam pengelolaan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung tahun 2020 – 2021 sudah tercapai dan menunjukkan hasil yang memuaskan dari kedua belah pihak, karena bentuk pengelolaannya yang baik juga tanggap dalam menanggapi apa yang jadi permasalahan dalam pelaksanaan pengelolaan programnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Pengelolaan Program; BLTDD
Subjects: Financial Economics, Finance > Monetary Policy
Public Finance > Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Aditya Human Saputra
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:14
Last Modified: 19 Mar 2024 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85777

Actions (login required)

View Item View Item