Pengaruh sistem distribusi Zakat pada Lembaga Amil Zakat Syamsul Ulum terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Mengger Hilir Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung

Nur, Fatimah (2023) Pengaruh sistem distribusi Zakat pada Lembaga Amil Zakat Syamsul Ulum terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Mengger Hilir Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_compressed.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya kemiskinan memiliki keterkaitan dengan ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial diperlukan pemenuhan kebutuhan material, spiritual dan sosial agar masyarakat mampu mendapatkan kehidupan yang layak. Sebagaimana hal ini, menjadi landasan yang dicantumkan pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat mengenai memajukan kesejahteraan umum bagi segenap bangsa. Namun, pada realitanya permasalahan mengenai kesejahteraan sosial masih banyak dirasakan oleh masyarakat dan cenderung meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. Permasalahan tersebut menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja melainkan masyaraktpun ikut andil didalamnya. Dalam ajaran Islam, salah satu solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan yaitu melalui zakat. Zakat ini sebagai upaya dalam mendistribusikan kekayaan sehingga tidak menumpuk pada satu golongan saja, sehingga terjadinya pemerataan pendapataan dan menekan kesejangan sosial. Adapun sistem distribusi dalam zakat terdapat dua macam baik secara langsung maupun melalui lembaga pengelola zakat. Dalam hal ini, LAZ Syamsul Ulum untuk mendistribusikan dana zakatnya kepada mustahik melalui program-program yang dibuat baik secara konsumtif maupun produktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sistem distribusi zakat terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di desa Mengger Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dengan responden berjumlah 50 mustahik. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 22.0. Dari hasil uji regresi linier sederhana pada penelitian ini dihasilkan nilai constant sebesar 12,175 serta nilai regresi pada variabel sistem distribusi zakat sebesar 0,396. Hasil penelitian menunjukkan, sistem distribusi zakat berpengaruh positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Mengger Hilir. Hasil uji koefisien determinasi, memperlihatkan, bahwa sistem distribusi zakat mampu mempengaruhi tingkat kesejahteraan mustahik sebesar 32,7% sedangkan sisanya 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa antara variabel X dengan variabel Y yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh artinya sistem distribusi zakat pada LAZ Syamsul Ulum berpengaruh positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat mengger hilir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Econmics
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimah Nur
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:35
Last Modified: 19 Apr 2024 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85862

Actions (login required)

View Item View Item