Waqaf dan Ibtidā` dalam Tilawah dan pengaruhnya terhadap penafsiran Al-Quran : Kajian Waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Madinah pada QS. al-Baqarah

Taufik, Ahmad Kamil (2023) Waqaf dan Ibtidā` dalam Tilawah dan pengaruhnya terhadap penafsiran Al-Quran : Kajian Waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Madinah pada QS. al-Baqarah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak-1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi-1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Ilmu’’waqaf dan’ibtidā`’merupakan ’bagian dari ’ilmu Tajwid yang memberikan’arah atau’petunjuk tentang’tilawah’al-Qur`an yang baik dan benar, khususnya dalam memulai’bacaan ayat atau kalimat dalam’al-Quran’serta petunjuk tentang baik atau tidaknya berhenti pada suatu ayat karena menyangkut konteks arti ayat sebelumnya atau kalimat sebelumanya. Secara praktis,’ditandai dengan beragam tanda waqaf dalam al-Quran. Namun dalam’penerapan tanda waqaf terjadi perbedaan pada beberapa al-Quran yang beredar di Indonesia seperti pada’Mushaf Standar Indonesia dan’Mushaf Madinah, baik perbedaan keduanya dalam hal bentuk penandaan maupun penempatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang urgensi waqaf dan ibtida` dalam tilawah al-Qur`an; Perbedaan tanda waqaf pada Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf Madinah dalam surat al-Baqarah; Faktor penyebab terjadinya perbedaan tanda waqaf pada kedua Mushaf; Pengaruh perbedaan tanda waqaf pada kedua Mushaf terhadap makna dan penafsiran. Pendekatan’penelitian yang digunakan adalah’kualitatif, dengan metode ’library research dan analisis komparatif antara kedua mushaf. Objek yang diteliti adalah QS. al-Baqarah dalam Mushaf Standar Indonesia 2008 dan Mushaf Madinah terbitan’Mujammā al-Mālik Fāhd 1439 H. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, dengan metode analisanya melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengetahuan tentang waqaf dan Ibtidā` sangat penting dalam tilawah al-Quran, penerjemaah dan penafsiran al-Qur`an; 2) Terdapat persamaan dan perbedaan penempatan tanda waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf Madinah pada QS. al-Baqarah. Jenis tanda waqaf dikategorikan menjadi tiga: Pertama, Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf Madinah menempatkan tanda waqaf yang sama dengan posisi yang sama. Kedua, Mushaf Standar Indonesia dan’Mushaf Madinah menempatkan tanda waqaf yang berbeda akan tetapi posisi sama. Ketiga, Mushaf Standar Indonesia menempatkan tanda waqaf dan Mushaf Madinah tidak menempatkan tanda waqaf; 3) Faktor’penyebab terjadinya perbedaan penempatan tanda waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf Madinah, diantaranya adanya perbedaan dalam memahami susunan’redaksi al-Qur’an dari segi ilmu’Balaghah dalam ketiga cabangnya yaitu ‘Ilm al-Bayān, ‘Ilm al-Ma’ānī, dan ‘Ilm al-Bādī; 4) Perbedaan ’Waqaf dan Ibtida`' pada kedua mushaf secara umum mempengaruhi kemungkinan terjemahan dan penafsiran al-Qur`an. Pada beberapa’kasus perbedaan tersebut bisa dibuktikan mempengaruhi penafsiran, namun pada kasus yang tidak dapat dibuktikan. Pada dasarnya perbedaan tersebut merupakan cerminan dari’keragaman, bukan perbedaan yang saling’bertolak belakang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Waqaf; Ibtida; Tilawah; Tafsir Al-Quran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Kamil Taufik
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:12
Last Modified: 20 Mar 2024 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85867

Actions (login required)

View Item View Item