Penerapan teori Mubadalah terhadap penafsiran ayat-ayat Parenting dalam tafsir Tarbawi karya Ahmad Munir dan tafsir Al-Misbah karya M. Qurash Shiihab

Ain, Aini Qurotul (2024) Penerapan teori Mubadalah terhadap penafsiran ayat-ayat Parenting dalam tafsir Tarbawi karya Ahmad Munir dan tafsir Al-Misbah karya M. Qurash Shiihab. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Zaman modern saat ini, pendidikan dalam keluarga sudah mulai ditinggalkan, karena banyak juga orang tua yang lebih mementingkan kebutuhan pribadinya bahkan kurangnya kesadaran juga pengetahuan sebagai orang tua untuk bersama-sama mendidik anak. Sehingga salah satu masalah terbesar didunia saat ini adalah kehilangan sosok ayah “fatherless”, karena masih banyak orang yang beranggapan bahwa tugas dan peran ayah hanya mencari nafkah untuk menafkahi keluarga bukan mendidik anak. Begitu pula ungkapan “al-ummu madrasah ula” masih banyak yang menganggap ibu adalah sekolah pertama untuk anaknya yang mempunyai tanggung jawab besar terhadap pendidikan anak, padahal menurut pandang dan cara teori mubadalah, pengasuhan dan pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama. Tujuan penelitian adalah mengetahui cara kerja teori mubadalah dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan parenting, penerapan teori mubadalah, dan menganalisis persamaan serta perbedaan antar tafsir Al- Misbah dengan tafsir Tarbawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis komparatif, dengan mengkomporatifkan dua penafsiran yang kemudian diformulasikan persamaan serta perbedaan untuk menjadikan teori mubadalah sebagai framework analisa yang digunakan. Metode yang digunakan adalah analisis komparatif dengan model jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori mubadalah terhadap penafsiran ayat-ayat parenting : 1). Cara kerja teori mubadalah dalam memahami ayat-ayat parenting terbagi menjadi tiga langkah. Pertama, mengidentifikasi dan menegaskan prinsip ajaran islam dari teks yang mempunyai karakter universal sebagai dasar pemaham. Kedua, implementasi praktis pada prinsip Islam dalam konteks khusus. Meski bersifat parsial, menemukan makna yang sesuai dengan prinsip dalam ayat sebelumnya adalah krusial. Ketiga, teks yang digunakan untuk laki-laki dan perempuan. 2). Penerapan teori mubadalah pada QS. At-Tahrim ayat 6 meingsyaratkan ibu dan bapak agar memberikan pendidikan dan parenting yang baik terhadap anak-anaknya. 3). Persamaan dan perbedaan antara tafsir Tarbawi dan Al-Misbah, salah satu rangkaian pada QS. Al-Baqarah ayat 30 mengiterpretasikan peran khalifah terhadap pentingnya pendidikan memiliki perspektif yang berbeda, namun saling melengkapi. Tafsir Al-Misbah mengedepankan pemahaman kontekstual Al-Qur’an dengan mengaitkan pesan dalam teks dengan konteks sosial, sejarah dan nilai universal yang relevan. Sedangkan tafsir Tarbawi pendidikan yang baik bukan hanya berkaitan dengan aspek akademis, tetapi juga memperhatikan pembentukan karakter, moralitas dan kecerdasan spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teori Mubadalah; parenting
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Aini QA aini aini
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:52
Last Modified: 20 Mar 2024 07:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85868

Actions (login required)

View Item View Item