Ilyas, Achmad Jaelani (2023) Perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren Daar El Qolam Pasir Gintung Tangerang 1968-1983. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
Abstract
Kajian mengenai Pondok Pesantren Daar El Qolam menyoroti peralihan dari lembaga pendidikan pesantren yang tradisional menjadi institusi yang lebih modern, yang ditandai dengan penggunaan sistem kelas dan kurikulum yang terstruktur. Proses modernisasi ini memang membawa kemajuan, namun juga menimbulkan tantangan dalam melestarikan nilai-nilai tradisional. Penelitian berjudul "Perkembangan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Daar El Qolam Desa Pasir Gintung Tangerang 1968-1983" fokus pada profil Pondok Pesantren Daar El Qolam dan evolusi sistem pendidikannya dari tahun 1968 hingga 1983. Metodologi penelitian ini berbasis pada pendekatan sejarah, yang melibatkan proses heuristik untuk pengumpulan data dan materi, analisis kritis terhadap sumber informasi, interpretasi yang menggabungkan fakta dari berbagai sumber dengan teori-teori relevan, dan historiografi dalam menyajikan temuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Daar El-Qolam, sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program MTs dan Aliyah, berlokasi di Desa Gintung, Kampung Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Didirikan pada 17 Ramadhan 1388H atau 20 Januari 1968 oleh K.H. Ahmad Rifa’i Arief, atas inisiatif ayahandanya, H. Qasad Mansyur. Pondok Pesantren Daar El Qolam menggabungkan pengajaran kitab-kitab klasik Islam dan ilmu-ilmu modern dalam kurikulumnya. Program pendidikan yang mencakup aspek intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik, bertujuan membina individu yang tidak hanya cerdas dalam agama tetapi juga kompetitif dan berdedikasi pada nilai-nilai mulia. Evaluasi pembelajaran di pondok pesantren ini mencakup aspek akademik, karakter, dan moral, dengan feedback yang konstruktif untuk mendukung pertumbuhan pribadi dan kolektif para santri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan;Sistem pendidikan;Pondok Pesantren Daar El Qolam |
Subjects: | Islam > Islamic History Islam > Islamic Religious Education Curricula > Curriculum Development |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Ahmad Jaelani Ilyas |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:34 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85896 |
Actions (login required)
View Item |