Bimbingan layanan informasi untuk pengetahuan karir siswa: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat Desa Cililin Kecamatan CIlilin Kabupaten Bandung Barat

Siddik, Fadjar Rachman (2023) Bimbingan layanan informasi untuk pengetahuan karir siswa: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat Desa Cililin Kecamatan CIlilin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir merupakan salah satu aspek yang penting pada perkembangan karir setiap individu. Kemampuan pengambil keputusan, adalah tujuan utama dari perencanaan karir yang harus dicapai oleh setiap individu. Ketika menjalani kehidupan dan perkembangan karir dirinya. Individu memerlukan berbagai informasi baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk perencanaan karir. Individu bisa mengalami masalah dalam kehidupanya maupun dalam memenuhi kebutuhannya di masa yang akan datang, akibat tidak mampu menguasai dan tidak mampu mengakses informasi. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui program, proses layanan informasi karir dan perbedaan sebelum dan sesudah diberikannya Layanan Informasi Untuk Pengetahuan Karir Siswa di MAN Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan secara sistematis faktual tentang layanan informasi karir. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang mana data disajikan dalam bentuk penjelasan atau gambaran dari objek yang diteliti. Untuk teknik pengumpulan datanya sendiri menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis dengan kebutuhan penelitian kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab sebuah tujuan penelitian. Hasil dari penelitian mengenai bimbingan layanan informasi untuk pengetahan karir siswa di MAN Bandung Barat cukup efektif terlihat dari siswa yang mampu memantapkan keputusan dalam pengambilan karir dirinya. Dilihat dari yang awalnya siswa yang bingung dengan masa depan karirnya kemudian bisa mengambil keputusannya sendiri karena telah dibantu dengan bimbingan layanan informasi untuk karir yang dilaksanakan. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan dan evaluasi bagi seorang pembimbing terutama guru BK dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Layanan Informasi; Pengetahuan Karir
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fadjar Rachman Siddik
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:45
Last Modified: 21 Mar 2024 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85900

Actions (login required)

View Item View Item