Penerapan SAK ETAP terhadap penyajian laporan keuangan pada Koperasi Konsumen Syari'ah Baitul Mu'min (KSBM) Kabupaten Bandung

Ningrum, Nur Siti (2024) Penerapan SAK ETAP terhadap penyajian laporan keuangan pada Koperasi Konsumen Syari'ah Baitul Mu'min (KSBM) Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min (KSBM) Kabupaten Bandung merupakan entitas yang tergolong sebagai badan usaha menengah ke bawah. Setiap tahunnya Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min membuat laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban berupa laporan Musyawarah Anggota Tahunan (MAT). Pembuatan laporan keuangan koperasi harus sesuai dengan SAK ETAP, yaitu standar yang mengatur mengenai perlakuan akuntansi UMKM dan Koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penyajian laporan keuangan di Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min Kabupaten Bandung. Serta untuk mengetahui dan menganalisis penyajian laporan keuangan Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min berdasarkan SAK ETAP. Menurut IAI dalam SAK ETAP (2009), SAK ETAP biasa digunakan untuk entitas yang akuntabilitas publiknya tidak signifikan dan laporan keuangannya hanya untuk tujuan umum. Tujuan dari SAK ETAP untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan kecil untuk membuat laporan keuangan sendiri yang dapat di audit, sehingga mereka dapat menggunakan laporan keuangan tersebut untuk mendapatkan dana pengembangan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatig dan sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari data pencatatan laporan keuangan Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min tahun 2021. Hasil penelitian ini adalah pencatatan laporan keuangan pada badan usaha menengah kebawah sehingga belum sesuai dengan SAK ETAP. Sehingga peneliti menyajikan laporan keuangan pada Koperasi Konsumen Syari’ah Baitul Mu’min yang sudah disesuaikan dengan SAK ETAP. Laporannya terdiri dari Neraca, Laporan Perhitungan Hasil Usaha, Laporan Pembagian Sisa Hasil Usaha, dan Laporan Arus Kas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SAK ETAP; Laporan Keuangan; Koperasi; Penyajian
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nur Siti Ningrum
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:31
Last Modified: 22 Mar 2024 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85934

Actions (login required)

View Item View Item