Riyadi, Syukur (2024) Pemahaman siswa terhadap kegiatan amal Shaleh hubungannya dengan Akhlak siswa di kelas XI SMAN 23 Bandung : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI SMA 23 Kecamatan Antapani Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akhlak siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti masih ada beberapa siswa berperilaku tidak baik dalam ruang lingkup pembelajaran di sekolah. Padahal sebetulnya mereka sudah dibekali dengan pemahaman yang baik mengenai akhlak dalam pembelajaran Agama Islam yanga baik. Namun, tetap saja kebanyakan dari siswa kelas XI masih belum menerapkan mengenai pemahamannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas XI pada amal shaleh. 2) Akhlak siswa. 3) Hubungan pemahaman siswa kelas XI pada amal shaleh dan akhlak siswa. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor internal yakni pemahaman siswa. Siswa yang memiliki pemahaman yang baik akan menghasilkan akhlak yang baik pula. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa kelas XI pada amal shaleh dengan akhlak siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode korelasional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas XI SMAN 23 Bandung. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket, observasi , dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pemahaman siswa terhadap amal shaleh dan akhlak siswa di SMAN 23 Bandung adalah “cukup” terbukti dari hasil analisis nilai tes yang menunjukkan nilai rata-rata 64,57. Nilai tersebut setelah dikualifikasikan ke dalam tabel frekuensi termasuk dalam rentang 60-69 yang masuk dalam kualifikasi “cukup”.2) Akhlak siswa di kelas XI SMAN 23 Bandung adalah “tinggi” terbukti dari hasil analisis angket yang menunjukkan nilai rata-rata 3,92. Nilai tersebut setelah dikualifikasikan ke dalam tabel frekuensi termasuk dalam rentang 3,40 – 4,19 yang masuk dalam kualifikasi “tinggi”. 3) Hubungan pemahaman siswa pada amal shaleh dengan akhlak siswa kelas XI SMAN 23 Bandung yang diperoleh dari pengujian hipotesis menunjukkan skor 0,68 yang berarti cukup. Adapun Indikator pemahaman yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan Bloom. Menurut Bloom, pemahaman terdiri dari tiga kategori yaitu: penerjemahan(translation), penafsiran(interpretation), dan ekstrapolasi(extrapolation).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman siswa; Amal Shaleh; Akhlak Siswa; |
Subjects: | Education > General Publications of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syukur Syukur |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85954 |
Actions (login required)
View Item |