Pengaruh metode Fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Kuasi eksperimen kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor

Riva, Muthia Syah (2024) Pengaruh metode Fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Kuasi eksperimen kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
Official URL: https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kemampuan berhitung anak di RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Hal ini dilihat dari perkembangan kemampuan berhitung anak yang belum mampu membedakan lambang bilangan, belum mampu mencocokan jumlah bilangan dan lambang bilangan, dan belum memahami konsep bilangan mengenai penjumlahan dan pengurangan. Guru di sekolah pun mengakui belum menemukan metode pembelajaran berhitung yang menarik untuk anak. Tujuan dalam penelitian yaitu: (1) Perkembangan kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor sebelum diterapkan metode fingermathic, (2) Perkembangan kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As- Syifa Bogor Barat Kota Bogor sesudah diterapkan metode fingermathic, (3) Pengaruh metode fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Penelitian ini didasari teori bahwa metode fingermathic dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dengan menggunakan metode fingermathic dapat memberikan visualisasi proses berhitung, hal ini akan membuat anak mudah untuk melakukannya, gerakan jari-jari tangan akan menarik minat anak dan fingermathic relatif metode yang tidak memberatkan memori otak saat digunakan. Dari asumsi tersebut, maka mendapatkan hipotesis yaitu terdapat pengaruh metode fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak usia dini pada B di RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest posttest di mana kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random atau acak. Dua kelompok tersebut diberikan pretest untuk mengetahui kondisi awal, kemudian setelah diberikan treatment dilakukan posttest untuk membandingkan kedua kelompok tersebut. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini diperoleh nilai pretest pada kelompok eksperimen sebesar 66,46 dan nilai pretest pada kelompok kontrol sebesar 56,67. Kemudian diberikan treatment pada kelompok eksperimen metode fingermathic dan diberikan treatment dengan metode konvensional pada kelompok kontrol. Setelah itu, dilakukan posttest pada kelompok eksperimen dengan menggunakan metode fingermathic diperoleh nilai rata-rata 85,42 dan posttest pada kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,71. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga t hitung 2,152 > t tabel 1,734. Maka hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Fingermathic; Kemampuan Berhitung Anak; Pengaruh Metode Fingermathic.
Subjects: Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muthia Syah Riva
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:36
Last Modified: 26 Mar 2024 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85994

Actions (login required)

View Item View Item