Dwi Irma Widyanty, Dwi (1210 207 023) (2014) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Ilmiah (Saintifik) untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Konsep Siswa pada Materi Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (704kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
Abstract
Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMPN 2 Cileunyi kelas VII, menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini berimplikasi pada kemampuan menerapkan konsep siswa pada mata pelajaran fisika di bawah nilai KKM. Oleh karena itu penerapan konsep siswa perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkannya pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik). Pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) merupakan pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) pada materi Kalor dan peningkatan kemampuan menerapkan konsep siswa menggunakan pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) pada materi Kalor. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 2 Cileunyi. Populasi seluruh kelas VII yang berjumlah sepuluh kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VII-C sebanyak 41 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, data keterlaksanaan pendukung aktivitas siswa melalui LKS sedangkan data peningkatan kemampuan menerapkan konsep siswa melalui tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 94,29% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 87,12% dengan kategori sangat baik. Begitu juga terdapat peningkatan kemampuan menerapkan konsep siswa setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) dengan peningkatan sebesar 0,63 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian pendekatan pembelajaran ilmiah (saintifik) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menerapkan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | saintifik, kemampuan menerapkan konsep, kalor |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics > Research and Statistical Methods of Physics Heat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2016 07:44 |
Last Modified: | 15 Mar 2016 11:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/860 |
Actions (login required)
View Item |