Penerapan metode Illinois untuk cadangan Premi tahunan pada Asuransi Jiwa Syariah

Puspita, Amanda Cipta (2024) Penerapan metode Illinois untuk cadangan Premi tahunan pada Asuransi Jiwa Syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi jiwa merupakan tindakan perlindungan yang dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap risiko nyawa tertanggung akibat kejadian yang tidak terduga, seperti kematian, kecelakaan, atau kehilangan. Perusahaan asuransi jiwa dapat mengalami kerugian jika tidak mampu membayar santunan ketika jumlah klaim dari tertanggung yang meninggal dunia melebihi jumlah klaim yang diprediksi sebelumnya. Hal ini terjadi akibat kelalaian dalam pengelolaan dana cadangan premi,cadangan premi merupakan kewajiban perusahaan asuransi yang menjadi hutang untuk dibayarkan kepada pemegang polis di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan membahas penerapan metode Illinois untuk cadangan premi tahunan pada asuransi jiwa syariah dimana suku bunga akan digantikan nilai margin dengan model CIR (Cox Ingersoll Ross). Nilai margin dengan model CIR menunjukkan banyak kemungkinan nilai margin secara acak. Pada penelitian ini nilai margin yang akan diambil pada simulasi ke-50. Nilai margin yang digunakan akan sesuai dengan tahun pendaftaran tertanggung. Perhitungan cadangan premi dalam penelitian ini menggunakan tabel mortalitas Indonesia tahun 2019. Metode Illinois merupakan perhitungan cadangan premi yang mempunyai batasan maksimal 20 tahun pembayaran. Berdasarkan penelitian tersebut cadangan premi dengan metode Illinois menunjukkan bahwa besarnya cadangan premi akan terus bertambah hingga akhir jangka waktu pertanggungan, sehingga nilai cadangan premi terakhir akan sama dengan besar uang pertanggungan yang telah disepakati. Dalam menentukan cadangan premi dimulai dengan menentukan nilai anuitas, kemudian menghitung premi tunggal dan premi bersih tahunan, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perhitungan nilai cadangan premi. Hasil dari penelitian ini membuat sebuah program python untuk menentukan cadangan premi dengan metode Illinois. Kata kunci : Asuransi Jiwa, Cadangan Premi, Cadangan Prospektif, Metode Illinois, Nilai Margin, CIR (Cox Ingersoll Ross).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Jiwa; Cadangan Premi; Cadangan Prospektif; Metode Illinois; Nilai Margin; CIR (Cox Ingersoll Ross).
Subjects: Insurance
Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Amanda Cipta Puspita
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:17
Last Modified: 26 Mar 2024 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86024

Actions (login required)

View Item View Item