Penafsiran Wahbah Zuhaili terhadap ayat-ayat Qasam dalam tafsir Al Munir : Kajian pada Juz 30 dalam tafsir Al Munir karya Wahbah Zuhaili

Nuryasin, Padilah (2024) Penafsiran Wahbah Zuhaili terhadap ayat-ayat Qasam dalam tafsir Al Munir : Kajian pada Juz 30 dalam tafsir Al Munir karya Wahbah Zuhaili. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Wahbah Zuhaili dalam menafsirkan ayat-ayat qasam (sumpah) dalam Alquran yang terdapat pada kitab beliau Tafsir Al Munir Fi Al Aqidah wa Al Syariah wa Al Manhaj. Hal tersebut dapat diketahui dengan mencari ayat-ayat dalam Alquran yang mengandung qasam dilanjutkan dengan pencarian dan analisis terhadap Tafsir Al Munir Fi Al Aqidah wa Al Syariah wa Al Manhaj. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (studi pustaka). Sumber utama dalam penelitian ini adalah ayat-ayat Alquran yang mengandung qasam (sumpah) dan Tafsir Al Munir Fi Al Aqidah wa Al Syariah wa Al Manhaj karya Wahbah Zuhaili. Adapun sumber data pendukung dari penelitian ini adalah kitab-kitabm buku-buku, dan karya tulis ilmiah seperti artikel, jurnal, skripsi, dan karya tulis lainnya yang membahas tentang qasam (sumpah) Alquran. Hasil penelitian ini adalah Wahbah Zuhaili menafsirkan Alquran terlebih dahulu menjelaskan I'rab, Mufradat Lughawiyyah, Balaghah, sebab turunnya ayat, dan menjelaskan kandungan serta keutamaan suratnya. Kemudian beliau menafsirkan ayat-ayat Alquran dalam bagian Tafsir dan Penjelasan, beliau juga mencantumkan fiqih kehidupan dan hukum-hukum untuk memudahkan para pembacanya dalam mengambil kesimpulan dari ayat atau surat yang terdapat dalam Alquran. dalam menafsirkan ayat-ayat yang mengandung qasam (sumpah) Wahbah Zuhaili menjelaskan kepada apa saja Allah swt bersumpah dan dengan maksud apa Allah swt bersumpah dengan makhluk atau benda yang dijadikan objek sumpah tersebut. seperti pada surat Asy Syams Allah swt bersumpah dengan Matahari, Bulan, Siang, Malam, Langit, Bumi, dan Jiwa. beliau menjelaskan mengapa Allah swt bersumpah dengan itu semua karena makhluk atau benda-benda tersebut memiliki kemuliaan, keagungan, dan manfaat bagi seluruh alam, atau Allah swt mengingatkan kepada hamba-hambanya bahwa semua itu adalah tanda kebesaran, kekuasaan, dan keesaannya. ada pula objek sumpah Allah swt adalah hal yang jarang diperhatikan oleh manusia namun sangat penting dan berpengaruh bagi kehidupan makhluk di seluruh alam semesta, seperti planet-planet, bintang-bintang, siang, malam, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qasam; Wahbah Zuhaili; Tafsir Al Munir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nuryasin Padilah
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:50
Last Modified: 01 Apr 2024 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86045

Actions (login required)

View Item View Item