Manajemen layanan perpustakaan perguruan tinggi : Penelitian di perpustakaan Politeknik Al Islam dan Uninus Kota Bandung

Fikri, Mohammad Aziz (2024) Manajemen layanan perpustakaan perguruan tinggi : Penelitian di perpustakaan Politeknik Al Islam dan Uninus Kota Bandung. Masters thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh paradigma berpikir bahwa perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu sumber belajar, maka diperlukan pemikiran lebih dalam akan kepuasan pengguna perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen layanan perpustakaan perguruan tinggi. Proses penelitiannya mengikuti rumusan masalah berdasarkan teori model pelayanan segitiga yaitu strategi layanan, sistem layanan, dan sumber daya manusia di perpustakaan Politeknik Al Islam dan UPT Perpustakaan Uninus Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi dan diabsahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara langsung, dengan mengikuti kegiatan perkenalan mahasiswa baru setiap setahun sekali. Secara tidak langsung, dengan bekerjasama melalui dosen, brosur, dan memanfaatkan media elektronik seperti website, telepon dan media sosial perpustakaan. Pendekatan yang dilakukan, dengan memberikan penghargaan reward bagi pemustaka terajin dan membangun komunikasi yang baik antara petugas dan pengguna perpustakaan. Strategi unconditional service guranters, yang berintikan bentuk komitmen petugas terhadap layanan yaitu memberikan sarana prasarana layanan, waktu layanan, dan produk layanan yang dapat dimanfaatkan pengguna. Strategi peningkatan kinerja, dengan mengikutsertakan petugas dalam kegiatan diklat, workshop, seminar dan pelatihan kepustakawan, dan penerapan sistem otomasi perpustakaan, sehingga memudahkan kinerja petugas. 2) Sistem layanan di kedua perpustakaan berdasarkan SOP yang disusun secara sederhana, dan mudah dipahami oleh pengguna layanan. Kedua perpustakaan, menerapkan sistem layanan terbuka (open access), yang dapat membebaskan pengguna untuk mencari dan menemukan bahan pustaka secara mandiri. 3) Sumber daya manusia sebagai garda terdepan pelayanan. Sikap yang ditunjukkan petugas di kedua perpustakaan, diantarannya peduli, ramah, dan daya tanggap cepat terhadap kebutuhan pengguna. Tindakan yang diberikan, yaitu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan, serta kemudahan dalam pelayanan. Maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa kualitas layanan perlu ditingkatkan dengan tata kelola sebaik mungkin, agar dapat mewujudkan kepuasan bagi pengguna perpustakaan. Perpustaakan Politeknik Al Islam dan UPT Perpustakaan Uninus Kota Bandung telah mengimplementasikan manajemen layanan dengan mengkolaborasikan era digitalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Layanan; Perpustakaan; Kualitas Layanan
Subjects: Library and Information Sciences
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Aziz Fikri
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:35
Last Modified: 27 Mar 2024 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86096

Actions (login required)

View Item View Item