Pengembangan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembuatan Handsanitizer gel dari ekstrak daun sirih merah (Piper Crocatum)

Amalia, Erlinda (2023) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembuatan Handsanitizer gel dari ekstrak daun sirih merah (Piper Crocatum). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
0. Cover_Upload.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
0. ABSTRAK_Upload.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
0. Revisi Skripsi watermark fix-10-11.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
0. BAB I_Upload.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
0. BAB II_Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB III)
0. BAB III_Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB IV)
0. BAB IV_Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text (BAB V)
0. BAB V_Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
0. DAFTAR PUSTAKA_Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Piper crocatum atau daun sirih merah mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid, tanin dan alkaloid sehingga dapat digunakan dalam pembuatan handasanitizer gel tanpa alkohol. Handasanitizer gel lebih disukai masyarakat kebanyakan karena meninggalkan sensasi dingin pada kulit dan lebih cepat mengering. Model PBL adalah model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam melakukan tahapan kegiatan untuk memecahkan permasalahan dengan cara sendiri. Penggunaan lembar kerja siswa berbasis PBL dapat membuat siswa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis validasi serta kelayakan lembar kerja siswa, dan mengetahui karakteristik handsanitizer gel dari ekstrak daun sirih merah. Penelitian ini menggunakan model R & D (Research and Development). Hasil validasi diperoleh nilai r¬hitung sebesar 0,75 sedangkan hasil uji kelayakan diperoleh nilai r¬hitung sebesar 0,84. Model Sehingga lembar kerja siswa berbasis PBL pada pembuatan handsanitizer gel dari ekstrak daun sirih merah layak digunakan dengan tahapan PBL yaitu mengorientasi pada masalah, mengorganisasi untuk meneliti, investigasi mandiri dan kelompok, menganalisis dan mengevaluasi, serta mengembangkan dan menyajikan. Handsanitizer gel dari ekstrak daun sirih merah berwarna coklat kekuningan dengan tekstur gel semi padat dan beraroma jeruk nipis, memiliki rentang pH 6,44-6,76 dan daya sebar 5,5-6,5 sedangkan hasil uji homogenitas tidak menunjukan adanya butiran-butiran kasar atau gumpalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Daun sirih merah; handsanitizer; LKS berbasis PBL.
Subjects: Christianity > Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Erlinda Amalia
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:23
Last Modified: 28 Mar 2024 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86115

Actions (login required)

View Item View Item