Efektivitas kebijakan sistem Merit dalam penempatan pegawai Aparatur Sipil Negara di kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Oktavian, Gioga (2023) Efektivitas kebijakan sistem Merit dalam penempatan pegawai Aparatur Sipil Negara di kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Gioga.-1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Gioga..pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Gioga.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I Gioga.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II Gioga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III Gioga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV Gioga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V Gioga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Gioga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Dewasa ini membentuk penyelenggara negara yang berintegritas tinggi tentunya diperlukan hukum yang mengatur tata kelola pemerintah salah satunya tentang kebijakan. Secara sederhana kebijakan publik dapat dipahami sebagai aturan yang mengatur kehidupan bersama, sehingga menghasilkan manfaat bagil masyarakat luas. Kebijakan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila telah memenuhi kriteria efektivitas kebijakan. Efektivitas diartikan sebagai tingkatan keberhasilan dalam mencapai sasaran yang ingin dituju. Pada penelitian ini dibahas mengenai kebijakan sistem merit untuk mengatur manajemen ASN dimana didalamnya mengurusi berkenaan penempatan pegawai. Dengan adanya kebijakan sistem merit sebagai manajemen ASN diharapkan penempatan pegawai dapat sesuai dengan kebutuhan setiap instansi, salah satunya di kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu supaya mengetahui dan memahami bagaimana ketepatan kebijakan sistem merit efektif diterapkan, mengetahui bagaimana ketepatan pelaksanaan manajemen ASN, memahami bagaimana ketepatan target sasaran dapat dituju melalui kebijakan sistem merit, mengetahui dan memahami bagaimana ketepatan lingkungan dari pelaksanaan kebijakan sistem merit, mengetahui dan memahami bagaimana ketepatan proses pada pelaksanaan kebijakan sistem merit dalam penempatan jabatan di Kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori efektivitas kebijakan menurut Riant Nugroho (2018) didalamnya terdapat lima dimensi yakni ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, ketepatan lingkungan, serta ketepatan proses. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendelatan kualitatif yang menjelaskan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik triangulasi. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan menurut Miles and Hubeman (1984). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas kebijakan sistem merit dinilai cukup efektif karena sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Riant Nugroho (2018) dengan menggunakan beberapa indikator yang mengukurnya, dimana terbukti dengan indikator tepat kebijakan, tepat target, tepat lingkungan yang sudah terpenuhi menghasilkan efektivitasnya kebijakan sistem merit yang ada di Kantor Kecamatan Jatinangor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kebijakan; Sistem Merit; Penempatan Pegawai
Subjects: System of Government and States
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Oktavian Gioga
Date Deposited: 02 May 2024 06:26
Last Modified: 02 May 2024 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86129

Actions (login required)

View Item View Item