Pengaruh persepsi masyarakat terhadap tata kelola pemerintahan dalam pelestarian kesenian Benjang Gulat di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Khoerustalis, Fauzihan (2024) Pengaruh persepsi masyarakat terhadap tata kelola pemerintahan dalam pelestarian kesenian Benjang Gulat di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yang berada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, pada tahun 2018-2021 bahwa Kota Bandung dinobatkan menjadi salah satu kota yang mempunyai kesenian tradisional dengan status terancam punah di Provinsi Jawa Barat, yakni kesenian tradisional benjang gulat yang berasal dari Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh persepsi masyarakat selama ini terhadap tata kelola pemerintahan dalam pelestarian kesenian benjang gulat di Kecamatan Ujungberung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yakni Persepsi Masyarakat (X) dan Tata Kelola Pemerintahan (Y). Peneliti menggunakan teori Persepsi Masyarakat dari Stephen P Robbins yang terdiri dari 3 dimensi, yaitu dimensi pelaku persepsi, dimensi objek persepsi, dan dimensi konteks situasi persepsi. Sedangkan untuk variabel Tata Kelola Pemerintahan, peneliti menggunakan teori dari Sedarmayanti yang terdiri dari 4 dimensi, yakni transparansi, partisipasi, akuntabilitas, dan supremasi hukum. Kemudian, teori penghubungnya menggunakan teori dari Handayani, dkk yang menyatakan bahwa persepsi berpengaruh terhadap tata Kelola pemerintahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dimana penelitian ini menggunakan Teknik simpel random sampling dengan marginal error 0,1. Berdasarkan pada rumus Krejcie, Robert V., Morgan dan Daryle W, diperoleh bahwa ukuran sampel yang diperlukan yakni 68 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi software Minitab versi 19 dan Microsoft Excel sebagai penunjang dalam hal pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap tata kelola pemerintahan dalam pelestarian kesenian benjang gulat di Kecamatan Ujungberung dengan nilai F-hitungnya 26,13 > F-tabel 2,74, dengan besaran nilai koefisien determinasinya 52,94%. Sedangkan secara parsial hanya dimensi objek persepsi (X2) saja yang berpengaruh positif terhadap tata kelola pemerintahan, dengan besaran nilai T-hitungnya yakni 4,16 > T-tabel 1,668.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Benjang Gulat; Tata Kelola Pemerintahan; Pelestarian Kesenian Tradisional;
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Sensory Perception
Culture and Institutions
Arts
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fauzihan Khoerustalis
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:55
Last Modified: 01 Apr 2024 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86136

Actions (login required)

View Item View Item