Analisi tindak pidana terhadap penelantaran anak akibat perceraian dihubungkan dengan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak

Pratiwi, Fatma Ayu (2023) Analisi tindak pidana terhadap penelantaran anak akibat perceraian dihubungkan dengan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Penelantaran anak merupakan salah satu bentuk perlakuan terburuk dan tindakan kekerasan yang dialami oleh anak dan ini merupakan pelanggaran HAM terhadap anak. Seiring dengan maraknya penelantaran anak akibat perceraian , perlindungan terhadap anak sangat diperlukan agar hak-haknya tidak dirugikan oleh siapapun,tak terkecuali oleh kedua orang tuanya. Persoalan ini bisa terjadi karena tidak ada penegasan secara hukum bahwa perbuatan penelataran anak oleh orang tua masu kedalam kategori perbuatan pidana. Selama ini mungkin dianggap sebagai hal yang biasa, karena orang tua jelas bertanggungjawab terhadapanaknya. Akibatnya perbuatan penelantaran tidak pernah diusut, kecuali memang, perbuatan tersebut dianggap berat, seperti matinya si anak. Berdasarkan pembahasan tersebut, pokok masalah dalam skripsi ini pertama, bagaimana penegakan hukum Polda Jawa Barat terhadapa penelntaran anak akibat perceraian, kendala dalam penegakan hukum Polda Jawa Barat terhadapa penelntaran anak akibat perceraian, dan Upaya penegakan hukumnya oleh Polda Jawa Barat terhadapa penelntaran anak akibat perceraian. bagaimana pandangan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap perlindungan dan hak anak yang ditelantarkan pasca perceraian. Penelitian menyimpulkan bahwa (1) tindakan penelantaran yang dilakukanoleh orang tua terhadap anaknya ini, apabila ditinjau dari sisi hukum merupakan perbuatan yang termasuk ke dalam tindak pidana; (2) penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap tindak pidana penelantaran anak dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tindak pidana; Penelantaran anak; Pidana, Perceraian
Subjects: Criminal Law
Criminal Law > Criminal Procedure of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Fatma Ayu Pratiwi
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:24
Last Modified: 01 Apr 2024 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86152

Actions (login required)

View Item View Item