Fungsi pengorganisasian remaja Masjid dalam optimalisasi kegiatan keagaman : Studi deskriptif remaja Masjid Jami’ Al-Muhajirin di Ciparay Bandung

Hasibuan, MHD (2024) Fungsi pengorganisasian remaja Masjid dalam optimalisasi kegiatan keagaman : Studi deskriptif remaja Masjid Jami’ Al-Muhajirin di Ciparay Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
7_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
8_ daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Merupakan tempat yang sangat sakral untuk melakukan pendekatan diri kepada Allah SWT. Tidak jarang keberadaan masjid disuatu daerah dapat menggambarkan kemakmuran masyaraktnya. Sehingga perlu adanya peran remaja masjid untuk menjadikan masjid sebagai wadah tersendiri dalam mengisi kegiatan sehari-hari yang positif dan bernuansa Islami, kemudian mengajak masyarakat agar ikut andil dalam mengikuti aktivitas kegiatan remaja masjid melalui partisipasi masyarakat Dari judul skripsi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, untuk mengetahui tujuan pengorganisasian remaja masjid yang hendak dicapai dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masjid Jami’Al-Muhajirin. Kedua, untuk mengetahui implementasi fungsi remaja masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masjid Jami’ Al-Muhajirin. Ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengorganisasian remaja masjid terhadap masyarakat sekitar di masjid Jami’ Al-Muhajirin. Pemilhan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. teori yang digunakan adalah organizing dengan menggunakan teori Manullang yang berfokus pada fungsi pengorganisasian. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sumber dan jenis data berupa data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah informasi langsung yang didapatkan dari Bapak Drs. H. Faruk M.M, Mustofa Awaludin, pengurus remaja masjid, dan masayarakat sekitar. Data sekunder didapat dari buku-buku karya ilmiah, hasil pemikiran para ahli yang mengkaji yang mengkali tentang kegiatan keagamaan. teknik pengambilan data meliputi: Observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan kualitatatif, yakni menggambarkan dan melukiskan penelitian berdasarkan fakta-fakta di remaja masjid Jami’ Al-Muhajirin. Adapun Hasil penelitian pertama, Tujuan pengorganisasian remaja masjid Jami’ Al-Muhajirin berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dilingkungan sekitar masjid dengan melakukan program-program kegiatan keagamaan. Kedua, pengimplementasian keagamaan yang dilakukan remaja masjid dengan menerapkan nilai metode keteladanan uswatuh hasanah. Ketiga, faktor pendukung remaja masjid Jami’ Al-Muhajirin adalah dikarenakan adanya SDM yang memadai. Sselain itu pendanaan juga sangat di perhatikan. Adpaun faktor penghambat adalah bervariasinya latar belakang pengurus terutama banyak yang sudah bekerja sehingga sering terjadi jadwal yang berbenturan dengan kegiatan keagamaan remaja masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Remaja masjid; Kegiatan Keagamaan.
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: MHD. Beni Haposan MHD. Beni Haposan Hasibuan
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:21
Last Modified: 01 Apr 2024 04:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86185

Actions (login required)

View Item View Item