Pembinaan santri Pesantren PERSIS dalam pembentukan calon Mubaligh melalui kegiatan Muhadharah : Penelitian di Pesantren PERSIS Tarogong Kabupaten Garut

Nafsi, Yunisa Tazkia (2023) Pembinaan santri Pesantren PERSIS dalam pembentukan calon Mubaligh melalui kegiatan Muhadharah : Penelitian di Pesantren PERSIS Tarogong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)

Abstract

Pembinaan Santri PERSIS dalam Pembentukan Calon Mubaligh Melalui Kegiatan Muhadharah (Penelitian di Pesantren PERSIS Tarogong Kabupaten Garut). Pesantren PERSIS Tarogong merupakan salah satu pesantren di Garut yang mendidik para santrinya untuk menjadi mubaligh profesional melalui latihan-latihan muhadharah, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan kemampuan berpidato para santri. Sebagai generasi penerus yang akan meneruskan estafet sebagai calon mubaligh yang kelak akan mengemban tugas dakwah. Mengingat pentingnya pengajaran muhadharah ini, khususnya di Pesantren PERSIS Tarogong, maka setiap muslim harus menyadari implikasi teologisnya. Adapun tujuan dan fokus penelitian ini adalah: Bagaimana peran kegiatan muhadharah dalam pembentukan calon mubaligh di Pesantren PERSIS Tarogong Kabupaten Garut? Dan Bagaimana proses pembinaan santri dalam pembentukan calon mubaligh di pesantren PERSIS Tarogong Garut? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena data yang akan dikumpulkan berupa data empiris yaitu fakta di lapangan. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kontrukvis, karena penulis ingin mengetahui perkembangan proses kegiatan muhadharah dalam pembentukan calon mubaligh pada santi di pesantren PERSIS Tarogong. Kemahiran dalam beberapa pendekatan retorika, termasuk gaya bahasa, konten, dan penyampaian yang efektif, sangat penting bagi para pengkhotbah. Pengetahuan yang luas dan keterampilan persuasi dalam berpidato digabungkan untuk membentuk retorika. Berdasarkan hasil penelitian, Kegiatan muhadharah di pesantren PERSIS Tarogong merupakan program yang dilaksanakan tiga kali seminggu pada waktu shalat dzuhur dan dua minggu sekali pada saat kegiatan umpan untuk mengajarkan keterampilan dakwah santri. Hal ini didasarkan pada temuan penelitian. Setiap siswa diwajibkan untuk menyelesaikan tugas ini. Metode menghafal, yang memaksa siswa untuk memasukkan seluruh teks pidato mereka ke dalam ingatan, adalah pendekatan yang digunakan dalam latihan muhadharah. Perkembangan kemampuan berkhotbah para siswa merupakan bukti bahwa kegiatan muhadharah memainkan peran penting dalam menciptakan dai masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembinaan; calon mubaligh; muhadharah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunisa Tazkia Nafsi
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:13
Last Modified: 04 Apr 2024 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86225

Actions (login required)

View Item View Item