Penerapa model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian di kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge Sumedang

Irpan, Irpan (2024) Penerapa model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian di kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dalam studi pendahuluan yang menunjukkan adanya masalah dalam hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari 40 siswa yaitu kelas 8-A dan 8-B pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah 68, yang kurang dari nilai standar yang telah ditetapkan yaitu 75. Faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai siswa dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa tidak maksimal dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhak 2) Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini berasarkan pemikiran bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan lebih menguasai materi. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan yaitu terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sampel yang diambil terdiri dari peserta didik kelas 8-A sebagai kelompok eksperimen dan 8-B sebagai kelompok kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistika dan logika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil observasi guru diperoleh sebesar 94% dan observasi peserta didik sebesar 96% yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw tergolong dalam kategori baik. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik bisa dilihat dari rata-rata nilai posttest, nilai rata-rata postest eksperimen sebesar 85,25 dan pada postest kontrol sebesar 74,75 3) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge berdasarkan hasil Uji-T pada hasil posttest dengan memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari atau sama dengan 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Kooperatif; Jigsaw; Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irpan irpan
Date Deposited: 05 Apr 2024 01:17
Last Modified: 05 Apr 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86267

Actions (login required)

View Item View Item