Bimbingan akhlak melalui kajian kitab Taisirul Khalaq pada siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Baleendah kelas 8A dan 8B

Azzahra, Laras (2024) Bimbingan akhlak melalui kajian kitab Taisirul Khalaq pada siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Baleendah kelas 8A dan 8B. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pesatnya perkembangan global yang terjadi di berbagai bidang kehidupan, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, perkembangan ini juga mengindikasikan kemunduran akhlak umat manusia. Ketidakseimbangan ini dapat memunculkan gejala baru berupa krisis moral dan akhlak, terutama terjadi pada remaja sebagai generasi penerus bangsa. Remaja memiliki jiwa labil penuh gejolak, emosi yang meledak-ledak, dan mudah terpengaruhi sehingga tidak sedikit remaja yang kehilangan nilai moralnya. Selain itu, para remaja semakin lepas kendali agama dan menjauh dari ajaran agama. Fenomena yang mempengaruhi krisis moral dan akhlak remaja merupakan permasalahan yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat agar tidak semakin menjadi-jadi. Bimbingan akhlak dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan berbagai metode ataupun pendekatan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi tingkah laku maladaptif siswa kelas 8 SMP YPPI Baleendah; (2) proses pembiasaan tingkah laku positif pada siswa kelas 8 SMP YPPI Baleendah menggunakan bimbingan akhlak melalui kajian kitab Taisirul Khalaq; dan (3) hasil belajar siswa kelas 8 SMP YPPI Baleendah menggunakan bimbingan akhlak melalui kajian Kitab Taisirul Khalaq. Teori pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan behavioral yang bertujuan untuk memodifikasi tingkah laku yang tidak diinginkan (maladaptif) sehingga menekankan pada pembiasaan tingkah laku positif (adaptif). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif karena berorientasi pada fenomena yang bersifat alami dan hasilnya disajikan dalam bentuk uraian kata untuk memberikan gambaran lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan akhlak mampu mengubah tingkah laku siswa kelas 8 SMP YPPI Baleendah menjadi tingkah laku adaptif. Hasil belajar yang dicapai di antaranya ialah: (1) Meningkatnya ksadaran siswa mengenai kewajibannya untuk bertakwa kepada Allah SWT.; (2) Siswa dapat lebih menghormati guru yang ada di lingkungan sekolah; (3) Suasana kelas menjadi lebih kondusif.; (4) Dapat bergaul dengan siswa lain tanpa membeda-bedakan teman; dan (5) Berkurangnya tingkat pelanggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akhlak; Kitab Taisirul Khalaq
Subjects: Islam > Specific Moral Issues
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Laras Azzahra
Date Deposited: 08 May 2024 07:31
Last Modified: 12 May 2024 23:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86277

Actions (login required)

View Item View Item