Firdaus, Luthfi Riza (2023) Dakwah Digital pada Media Sosial : Studi kasus aktivitas Dakwah Da’i Munzalan TV di Masjid Kapal Munzalan Indonesia, Pontianak Kalimantan Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
Cover Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
|
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
|
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
Abstract
Aktivitas dakwah sejak zaman Rasulullah hingga kini mengalami berbagai perkembangan. Hal itu dimanfaatkan oleh para da’i yang kini mulai memasuki era digitalisasi. Hadirnya media sosial sebagai produk perkembangan zaman melahirkan aktivitas dakwah yang kini disebut sebagai dakwah digital. Dakwah digital pada media sosial menjadi akrivitas yang saat ini marak dilakukan salah satunya oleh Munzalan TV. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pola komunikasi, sistem komunikasi dan fantasi komunikasi dari aktivitas dakwah digital pada media sosial yang dilakukan oleh da’i Munzalan TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan cara pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola komunikasi yang dilakukan terdiri dari pola verbal dan nonverbal. Sistem komunikasi terdiri dari media sosial yang digunakan, sistemasi pengemasan konten dan jenis-jenis konten yang dilakukan. Fantasi komunikasi yang dilakukan terdiri dari kesamaan pesan yang membentuk kelompok dan simbol yang terbentuk yang menjadi 6 pilar dakwah diantara da’i Munzalan TV. Simpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa pola komunikasi dijadikan sebagai cara untuk menciptakan ketertarikan audiens, sistem komunikasi sebagai bentuk aktivitas professional pengemasan konten yang terukur, serta fantasi dilakukan sebagai bentuk keinginan memberikan kontribusi pada realitas sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Digital; Media Sosial; Aktivitas Da'i; Masjid Kapal Munzalan |
Subjects: | Special Computer Methods > Digital Audio Special Computer Methods > Digital Video Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Firdaus Luthfi Riza |
Date Deposited: | 17 Apr 2024 07:52 |
Last Modified: | 17 Apr 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86335 |
Actions (login required)
View Item |