Pemberdayaan yayasan pemuda peduli melalui program bina Desa: Studi kasus di Desa Sirnajaya Kecamatan Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat

Auliah, Derisya Tazkia (2020) Pemberdayaan yayasan pemuda peduli melalui program bina Desa: Studi kasus di Desa Sirnajaya Kecamatan Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3_daftarisi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
4_bab1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Pemuda sebagai arus tombak kemajuan bangsa, maka seorang pemuda harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Untuk meningkatkan pemberdayaan pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana proses serta hasil dari pemberdayaan yang di lakukan oleh Yayasan Pemuda Peduli melalui Program Bina Desa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dari Edi Suharto tentang pendekatan Pemberdayaan yaitu 5P (Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, Pemeliharaan) yang mana teori 5P sangat sesuai dengan pembahasan dalam penelitian ini. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci dan mendetail mengenai objek yang sedang di teliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang di gunakan dalam analisis data adalah reduksi data, klarifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pemberdayaan yang di lakukan oleh Yayasan Pemuda Peduli yaitu dengan cara, menggali potensi yang terdapat di masyarakat Desa Sirnajaya, kemudian mengembangkan nya, serta mengadakan pelatihan untuk menunjang potensi agar bisa berkembang secara optimal. Selain itu Masyarakat Desa Sirnajaya memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah kehidupanya. Proses yang di laksanakan dalam Pemberdayaan Bina Desa di Desa Sirnajaya melibatkan seluruh lapisan masyarakat setempat, dengan begitu pemberdayaan berjalan dengan semestinya. Secara umum, penelitian ini bisa disimpulkan bahwa adanya program Bina Desa yang dilakukan oleh Yayasan Pemuda Peduli dapat memberdayakan Masyarakat Desa Sirnajaya dalam aspek kehidupan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pemuda; Bina Desa
Subjects: Communities > Community Sociology
Communities > Villages
Communities > Urban Communities, Cities
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Derisya Tazkia Hikmah
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:14
Last Modified: 24 Apr 2024 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86435

Actions (login required)

View Item View Item