Pratama, Sepprima Aditya (2024) Video Instagram Sebagai Sarana Media Dakwah: Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Pelangiislam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. bab 1.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
||
Text (BAB III)
6. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text (BAB IV)
7. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, masyarakat saat ini diberi kemudahan untuk berselancar didunia maya. Penggunaannya bermacam-macam, salah satunya untuk berdakwah. Dewasa ini, para pelaku dakwah dituntut untuk lebih cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dakwah, Akun Pelangiislam merupakan salah satu dari berbagai akun instagram yang menyajikan konten-konten terkait kajian keislaman. Dengan pengemasan konten dakwah yang baik, akun Pelangiislam mampu menarik perhatian pengguna instagram untuk melihat serta mendengarkan pesan dakwah yang disampaikan dengan menggunakan fitur vidgram (video gram). Tercatat hingga saat ini akun Pelangiislam telah memiliki sebanyak 197 ribu followers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan vidgram sebagai sarana media dakwah, yang mana didalamnya terdapat pula pembahasan mengenai materi dakwah serta kriteria dakwah vidgram pada akun instagram Pelangiislam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitaif, yang memungkinkan peneliti untuk menggambarkan serta memilihi poin penting sebagai temuan penelitian yang dibutuhkan. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu menentukan objek penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, mengolah, menganalisis serta menyimpulkan temuan data tersebut. Penelitian yang dilakukan terhadap akun instagram Pelangiislam memberikan hasil bahwa akun Pelangiislam menggunakan fitur vidgram untuk menyampaikan pesan dakwah dengan jenis video berdurasi maksimal 60 detik. Terkait materi yang dipilih untuk disampaikan dikategorikan kedalam 3 bahasan materi, yaitu : Akidah, Akhlak dan Syari’ah. Dalam penyampaian pesan dakwahnya dengan fitur vidgram akun instagram Pelangiislam memiliki kriteria tersendiri, yaitu : lemah lembut dalam menyampaikan, mempermudah tidak mempersulit, memberikan kesadaran, tidak provokatif serta memiliki pendasaran yang kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, Media Sosial, Vidgram, Instagram |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Sepprima Aditya Pratama |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86517 |
Actions (login required)
View Item |